Ketua DPRD Kabupaten Kediri: Reses Adalah Murni Untuk Serap Aspirasi dan Jaga Komunikasi Dengan Masyarakat

ADAKITANEWS, Kediri – Kegiatan reses bagi setiap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) diketahui merupakan amanat Undang–Undang nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah khususnya Pasal 161 huruf i, j dan k. Dalam reses tersebut, setiap anggota dewan diharapkan bisa menyerap seluruh aspirasi yang disampaikan langsung oleh masyarakat, khususnya di daerah pemilihan mereka masing-masing.

Hal tersebut juga dilakukan oleh Ketua DPRD Kabupaten Kediri, H Sulkani, yang menggelar reses di Desa Karangtalun Kecamatan Kras, dan di Desa Mangunrejo Kecamatan Ngadiluwih pada Selasa (05/03) dan Jumat (08/03) lalu.

H Sulkani mengatakan, penyerapan aspirasi masyarakat melalui kegiatan reses ini dilaksanakan melalui 2 kegiatan, yaitu berupa pertemuan dengan konstituen dan kegiatan mengunjungi Daerah Pemilihan (Dapil).

“Kegiatan reses ini murni untuk menyerap aspirasi masyarakat. Kami bersyukur kegiatan reses Masa Persidangan II Tahun Sidang 2018/2019 di bulan Maret ini berjalan baik dan lancar. Kami mendapatkan banyak saran, masukan, pemikiran dan bahkan pengaduan langsung dari masyarakat. Sebagai pengemban amanat rakyat kami akan berupaya maksimal mendengarkan dan memperjuangkan aspirasi warga masyarakat,” katanya.

Hampir sama dengan kegiatan-kegiatan reses sebelumnya, pertemuan dengan konstituen yang dilaksanakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Kediri kali ini juga dihadiri oleh ratusan orang yang berasal dari berbagai kalangan, diantaranya tokoh agama, dan tokoh masyarakat setempat. Bahkan turut hadir dalam reses Ketua DPRD saat itu, yakni Wakil Bupati Kediri, Drs H Masykuri, MM.

Sebagai wakil rakyat yang duduk di DPRD serta mengemban amanah rakyat sebagai Pimpinan DPRD, H Sulkani menyampaikan bahwa penyerapan aspirasi dengan masyarakat adalah sangatlah penting. Mengingat aspirasi rakyat yang disampaikan tersebut harus diperhatikan dan diperjuangkan oleh setiap wakil rakyat.

Selain untuk menyerap aspirasi masyarakat, lanjut H Sulkani, kegiatan reses ini juga dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi mengenai hasil kinerja DPRD, khusunya kepada masyarakat di Daerah Pemilihan V.

Seluruh aspirasi yang disampaikan, lanjutnya, baik itu berupa saran, masukan maupun pengaduan masyarakat akan langsung dituangkan ke dalam laporan kegiatan reses, dan selanjutnya akan disampaikan ke Pemerintah Kabupaten Kediri untuk mendapatkan tindak lanjut dari Pemerintah Kabupaten Kediri selaku pihak ekskutif.

“Selain itu aspirasi masyarakat yang terhimpun dalam kegiatan reses ini juga akan menjadi bahan pertimbangan perencanaan pembangunan, agar pada pelaksanaan pembangunan dapat tepat sasaran dan sesuai kebutuhan masyarakat di daerah,” tutupnya.(adv/dprdkabkediri/*/kur)

Keterangan gambar: Ketua DPRD Kabupaten Kediri, H Sulkani saat reses bersama masyarakat di Dapil V Kabupaten Kediri.(ist)

Related posts

Leave a Comment