Ketua DPRD Hadiri Prosesi Ruwat Nagari Bumi Panji

ADAKITANEWS, Kediri – Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1217 tahun 2021 ini diperingati pada Kamis (25/03) dengan mengambil tema Gregeting Taruno Ambangun Projo Amusno Memolo Anggayuh Raharjo Ing Bumi Kadiri.

Dengan mempertimbangkan kondisi pandemi covid-19 yang belum juga mereda, prosesi Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1217 tahun 2021 ini diselenggarakan dengan sangat sederhana dan tentunya memperhatikan protokol kesehatan pencegahan covid-19 yang ketat selama prosesi acara peringatan hari jadi.

Kepatuhan terhadap protokol kesehatan pencegahan covid-19 ini terlihat dengan sangat dibatasinya peserta upacara bendera yang digelar di halaman belakang Pemerintah Kabupaten Kediri, yaitu hanya dihadiri secara fisik oleh Bupati dan Wakil Bupati Kediri, Ketua DPRD bersama para Anggota Forkopimda, Pimpinan SKPD dan peserta upacara dari perwakilan SKPD masing-masing sebanyak 2 orang. Sedangkan para ASN Pemerintah Kabupaten Kediri mengikuti upacara bendera Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1217 secara daring live streaming dari tempat kerja masing-masing. Bertindak sebagai Inspektur Upacara pada momentum upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke 1217 ini adalah Bupati Kediri H. Hanindhito Himawan Pramana.

Dalam satu rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke 1217, setelah pelaksanaan upacara bendera di halaman belakang Pemkab Kediri, Bupati Kediri, Wakil Bupati Kediri, Ketua DPRD Kabupaten Kediri bersama para Anggota Forkopimda Kabupaten Kediri melanjutkan rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri dengan Prosesi Ruwat Nagari Bumi Panji di Pendopo Kabupaten Kediri.

Sebelum memasuki pendopo Bupati, Wakil Bupati Kediri dan Ketua DPRD diikuti dengan para Anggota Forkopimda terlebih dahulu menjalani Prosesi Sesuci Tirto Perwitosari, yaitu bersuci mencuci tangan dengan air dari 7 sumber air yang sudah diberi bunga setaman sebelum memasuki pendopo. Prosesi acara dibuka dengan Tari Bedaya dilanjutkan dialog fragmen Raja Rakai Dyah Tulodong dengan Sang Bagawan Tabhari memberikan surat kekancingan Prasasti Harinjing dan pembacaan Prasasti Harinjing.

Prosesi inti ruwatan ini dengan acara pagelaran wayang dengan lakon”Sang Mikukuhan Angruwat Jagat Kediri”. Di akhir pagelaran dalang menyerahkan 2 tokoh wayang berlambangkan Wahyu Katentreman kepada Masbup Bupati Kediri H. Hanindhito Himawan Pramana. Selanjutnya Bupati Kediri menyampaikan sambutan peringatan Hari Jadi Kediri sekaligus penetapan pemberian nama Pendopo Kabupaten Kediri yaitu Pendopo Panjalu Jayati dan berikutnya dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti nama pendopo. Prosesi Ruwat Nagari Bumi Panji di Pendopo Panjalu Jayati Kabupaten Kediri ini diakhiri dengan prosesi pemotongan tumpeng oleh Masbup dan diserahkan kepada Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto.(adv/dprdkabkediri/*/kur)


Keterangan gambar: Ketua DPRD Kabupaten Kediri, Dodi Purwanto saat menghadiri acara Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1217.(ist)

Related posts

Leave a Comment