Ikrar Hari Kesaktian Pancasila: Bulatkan Tekad Pertahankan dan Amalkan Pancasila

ADAKITANEWS, Kediri – Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di kantor Pemkab Kediri, Senin (01/10). Upacara tersebut diikuti oleh seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Kediri, jajaran PNS, TNI dan Polri.

Tema yang diusung pada upacara tahun ini adalah “Pancasila Sebagai Landasan Kerja, Mencapai Prestasi Bangsa”. Pada upacara kali itu, dibacakan pula ikrar oleh Ketua DPRD Kabupaten Kediri, H Sulkani.

“Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nila-nilai Pancasila, sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Sulkani saat mengucap ikrar.

Ditemui usai upacara, Wakil Bupati Kediri, Drs H Masykuri, MM., menyampaikan, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan wujud bahwa seluruh masyarakat Indonesia selalu tegak dan siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Pancasila tersebut lahir dari nilai-nilai luhur budaya bangsa yang kemudian dirumuskan menjadi 5 sila sebagai dasar negara. Terdiri dari sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa, sila kedua Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, ketiga Persatuan Indonesia, keempat Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanan dalam Permusyawaratan dan Perwakilan, dan yang kelima Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.

Wabup menyebut, sila-sila dalam Pancasila mememiliki makna dan tujuan sebagai alat pemersatu bangsa. “Mulai sila pertama sampai kelima memiliki makna dan tujuan sebagai alat pemersatu bangsa. Karena Indonesia terdiri dari berbagai macam agama, budaya, ras, suku bangsa,” jelasnya.(adv/kominfo/*/kur)

Keterangan gambar: Wakil Bupati Kediri, Drs H Masykuri saat memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila.(dok. Kominfo Kab Kediri)

Related posts

Leave a Comment