Hari Santri, Wawali Ingatkan Kontribusi Santri Raih Kemerdekaan

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional telah disahkan oleh Presiden Republik Indonesia sejak 2015 lalu melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 tahun 2015. Ini merupakan bentuk penghargaan pemerintah terhadap peran para santri dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Bertepatan Hari Santri Nasional ini, Pemerintah Kota Blitar menggelar upacara di Alun-alun Kota Blitar, Senin (22/10). Ditemui usai upacara, Wakil Walikota Blitar, Santoso mengatakan, pihaknya sangat mendukung penuh peringatan Hari Santri Nasional. Apalagi di Kota Blitar juga banyak pondok pesantren.

Santoso menjelaskan, Hari Santri Nasional yang sudah diperingati keempat kalinya ini bertujuan untuk mengingatkan kepada masyarakat betapa besarnya peran santri yang ikut berkontribusi dalam pendirian negara kesatuan Republik Indonesia.

“Kita harus terus ingat jasa para santri yang berkontribusi pada negara kita. Dimana para santri ini berjuang secara maksimal untuk meraih kemerdekaan Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut Santoso menuturkan, generasi santri saat ini juga perlu mengetahui bahwa para kiai ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Mengingat saat ini juga banyak paham negatif yang bisa mempengaruhinya.

“Semoga peringatan Hari Santri Nasional ini, generasi santri juga mengetahui bahwa para kiai terdahulu ikut berjuang demi kemerdekaan,” imbuhnya.(hms/fat/wir)

Keterangan gambar: Upacara peringatan Hari Santri Nasional.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment