Hari Pahlawan 2019, “Aku Pahlawan Masa Kini”

ADAKITANEWS, Kediri – Pemerintah Kabupaten Kediri memperingati Hari Pahlawan 2019 besama seluruh jajaran Forkopimda, ASN, TNI-Polri, pelajar, hingga stakeholder di Lapangan Canda Bhirawa Pare, Minggu (10/11).

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri, Mohamad Rohmadi, SH, MH., dalam membacakan amanat Menteri Sosial RI menyampaikan bahwa setiap peringatan Hari Pahlawan, seluruh pihak akan selalu diingatkan tentang peristiwa pada 10 November 1945 di Surabaya, sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

“Oleh sebab itu semangat yang ditunjukkan oleh para pahlawan dan pejuang hendaknya ditumbuh kembangkan di dalam sanubari kita warga Negara Indonesia. Dengan peringatan ini diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan. Selain itu melalui peringatan Hari Pahlawan, kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa sebagai pahlawan masa kini, sesuai dengan tema ‘Aku Pahlawan Masa Kini’,” kata Kajari.

Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga Negara Indonesia, dalam membentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI. Dapat pula dengan cara mengukir prestasi di berbagai bidang kehidupan memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Bupati Kediri, dr Hj Haryanti Sutrisno mengatakan bahwa seorang pahlawan itu tidak pernah menonjolkan dirinya sendiri, tidak pernah mengaku-ngaku terbaik dan berjasa.

“Tidak usah jauh-jauh, seorang petani yang mampu membuat alat-alat sederhana untuk memudahkan sektor pertanian itu sudah termasuk pahlawan. Kemudian orang-orang yang peduli dengan para pelaku usaha kecil,” katanya.

Bupati menambahkan, tidak ada seorang pahlawan yang memproklamirkan dirinya adalah Pahlawan. “Banyak di Kabupaten Kediri ini yang bisa disebut seorang pahlawan. Misalnya ada seorang yang menciptakan perpustakaan gratis bagi anak-anak untuk membaca dan pengetahuannya menjadi luas, itu termasuk pahlawan menurut saya,” ungkap Bupati.(adv/kominfo/*/kur)

Keterangan gambar: Upacara peringatan Hari Pahlawan 2019.(kedirikab.go.id)

Related posts

Leave a Comment