Hadiri Sarasehan Forkopimda, Bupati Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas Pemilu

ADAKITANEWS, Kediri – Bupati Kediri, Hj Haryanti Sutrisno mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusifitas pelaksanakan Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan digelar pada Rabu, 17 April mendatang.

Imbauan tersebut disampaikan Bupati Kediri dalam sambutannya di acara sarasehan bersama Forkopimda Kabupaten Kediri, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri, yang mengambil tema “Kabupaten Kediri Aman, Damai dan Kondusif Menuju Pileg dan Pilpres 2019, Rabu (20/03).

Bupati menyampaikan bahwa pelaksanaan Pileg dan Pilpres sudah di depan mata. Ia pun mengajak kepada seluruh masyarakat untuk ikut serta dalam pemungutan suara pada 17 April 2019 mendatang.

“Mari sama-sama jaga kondusifitas pemilu. Mewujudkan Kediri aman, damai dan kondusif. Kendati pilihan berbeda marilah kita belajar bersama berdemokrasi dengan menghargai perbedaan demi bingkai NKRI. Saya berharap pemilu berjalan lancar dan setiap elemen memberikan partisipasi dalam tahapan Pemilu ini,” harapnya.

Di tempat yang sama Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri, Subroto, SH, MH., juga meminta kepada masyarakat agar tidak ikut serta dalam penyebaran berita bohong maupun ujaran kebencian. Karena hal tersebut tergolong kegiatan melawan hukum dan dapat menyebabkan perpecahan serta rawan mengganggu keamanan.

“Selain itu, kami dari Kejari Kabupaten Kediri menyatakan siap apabila terdapat pengaduan terkait pelaksanaan pesta demokrasi ini. Nantinya akan ada bagian pengaduan pemilu di Kejaksaan Negeri. Warga dapat melaporkan apabila ada pelanggaran pemilu,” tuturnya.

Subroto menambahkan, tiap laporan pelanggaran pemilu tersebut nantinya akan ditangani oleh tim penegakan hukum terpadu atau Gakumdu. “Anggota Gakumdu terdiri dari jaksa, pengawas pemilu dan polisi. Harapannya pemilu kita tahun ini berjalan aman tertib lancar dan kondusif,” pungkasnya.

Selain Bupati dan Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri, hadir pula dalam kegiatan sarasehan ini Wakil Bupati Kediri, Kapolres Kediri, Ketua DPRD Kabupaten Kediri, Dandim 0809/Kediri, Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Kediri, Kepala Kemenag Kabupaten Kediri, Komisioner KPU Kabupaten Kediri, Bawaslu Kabupaten Kediri, Tokoh Lintas Agama, Tokoh Ormas, Kepala BNN Kabupaten Kediri, seluruh Camat se-Kabupaten Kediri, Kepala Satker di lingkungan Pemkab Kediri, perwakilan swasta dan institusi di wilayah Kabupaten Kediri.(adv/kominfo/*/kur)

Keterangan gambar: Bupati Kediri, Hj Haryanti Sutrisno saat memberikan sambutan dalam kegiatan sarasehan Forkopimda Kabupaten Kediri.(dok. Dinas Kominfo Kabupaten Kediri)

Related posts

Leave a Comment