Guna Lindungi Brantas dan Kebutuhan Masyarakat, Bupati Jombang Tebar Bibit Ikan di Aliran Sungai Brantas

ADAKITANEWS, Jombang – Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Perikanan cukup serius dalam memperhatikan bidang peternakan dan perikanan. Hal ini bertujuan agar kebutuhan protein hewani masyarakat Jombang dapat terpenuhi dengan upaya kemandirian ternak yang dikembangkan sendiri tanpa menggantungkan dari daerah lain, serta demi meningkatkan kesejahteraan para peternak dan petani ikan.

Salah satu upayanya, yakni dengan menggelar kegiatan penebaran ribuan bibit ikan di sungai Brantas Desa Sudimoro Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang. Acara tersebut dihadiri langsung Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko yang secara simbolis melepas bibit berbagai jenis ikan. Pelepasan bibit ikan tersebut disaksikan oleh sejumlah undangan seperti petani ikan, kelompok budidaya ikan dan para pejabat Pemkab Jombang.

“Penebaran bibit ikan ini dalam rangka agar masyarakat bisa menikmati ketika ikan-ikan ini sudah besar. Lebih penting lagi, agar sungai Brantas bebas dari pencemaran. Kalau kita punya gerakan seperti ini otomatis para pengusaha akan berpikir ulang saat membuang limbahnya,” terang Bupati Jombang, Rabu (06/12).

Tidak hanya melepas bibit ikan, Nyono Suharli Wihandoko juga mengatakan bahwa Pemkab Jombang akan memperkuat gerakan ini dengan menerbitkan regulasinya. “Akan kita terbitkan regulasi dalam melindungi ikan-ikan ini. Regulasi tersebut mengarah pada pelarangan membuang limbah sembarangan di sungai Brantas,” tegas Nyono.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Perikanan Harun Wiyono menyampaikan terima kasih kepada semua petani ikan atas kontribusinya tentang pemenuhan kebutuhan gizi masyarakat dapat tercukupi.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap petani ikan, Harun Wiyono mengatakan pada tahun anggaran 2017, Pemkab Jombang telah menyalurkan bantuan berupa sarana produksi budidaya perikanan dari program Dana Alokasi Khusus (DAK). Bantuan tersebut diberikan kepada 25 kelompok atau sebanyak 250 orang. Bantuan berupa kolam terpal benih lele, pakan dan obat-obatan. Tak hanya itu pada kesempatan itu juga diserahkan sarana alat tangkap ikan ramah lingkungan berupa pancing kepada masyarakat.

“Melalui bantuan ini semoga dapat meningkatkan kesejahteraan para pembudidaya ikan. Kami juga berharap kepada semua kelompok yang sudah menerima bantuan agar belajar mandiri sehingga tidak bergantung pada pemerintah. Tujuan diberikannya bantuan ini adalah untuk mengawali para anggota dalam belajar membuka usaha. Selanjutnya bisa mengembangkan usahanya,” jelas Harun Wiyono.

Digelarnya kegiatan ini, sambung Harun Wiyoto, untuk mendorong peningkatan produksi ikan dan peningkatan konsumsi ikan pada masyarakat. Adapun penebaran bibit ikan adalah jenis ikan endemik, yaitu jenis ikan yang ada di perairan umum. “Kita lepaskan bibit ikan nila sebanyak 10.000 ekor. Serta ikan patin 13.500 ekor. Dengan harapan ikan-ikan ini akan hidup berdampingan dan tidak saling mengganggu,” pungkas Harun.(adv/diskominfo/ar)

Keterangan gambar: Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko saat penebaran bibit ikan di sungai Brantas.(ist)

Related posts

Leave a Comment