Gelar Pelatihan Mandiri untuk Ciptakan Lapangan Kerja

ADAKITANEWS, Kota Kediri – Pemerintah Kota Kediri memiliki berbagai macam program unggulan untuk mengatasi permasalahan sosial di wilayahnya. Selain bantuan sosial kepada warga tidak mampu, Pemkot Kediri juga memiliki program Pelatihan Mandiri yang bertujuan untuk menciptakan pengusaha mandiri sehingga nantinya dapat membuka lapangan kerja sendiri.

Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Pemkot Kediri melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Tenaga Kerja di Grand Panglima Polim Kota Kediri, Selasa (24/04) pagi. Pelatihan yang digelar pada tahun kedua ini, diikuti oleh 600 peserta mulai dari usia 18 hingga 40 tahun.

Kepala Dinkop UMTK Kota Kediri, Kristianto mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan peserta agar nantinya bisa digunakan untuk mencari pekerjaan. Tak hanya itu, peserta juga dimungkinkan bisa membuka lapangan pekerjaan melalui wirausaha mandiri.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan terbesar yang pertama kali diadakan di Jawa Timur. Peserta tidak dipungut biaya apupun dari mulai pendaftaran hingga ujian kompetensi,” ujarnya.

Lebih lanjut Kristianto menjelaskan, pelatihan keterampilan yang diberikan kepada para peserta kali itu diantaranya pelatihan kecantikan, menjahit, garmen, informatika, dan sablon. Ada juga pelatihan mengemudi, tata boga, desain grafis, bordir, hingga handmade.

Meski jadwal pelatihan telah dibuka, Dinkop UMTK Kota Kediri mengaku belum melakukan penutupan pendaftaran bagi masyarakat yang ingin mengikuti Pelatihan Mandiri. Ada juga program kredit lunak dengan bunga 4 persen per tahun yang disediakan bagi pengusaha mandiri, yang benar-benar ingin mengembangkan usahanya.(adv/hms/*/kur)

Keterangan gambar: Pembukaan acara Pelatihan Mandiri.(dok. Pemkot Kediri)

Related posts

Leave a Comment