DPRD Gelar Diskusi, Bersama Media Menjaga Kondusivitas Negeri

ADAKITANEWS, Kediri – DPRD Kabupaten Kediri mengadakan kegiatan Diskusi Tematik Pimpinan DPRD dengan para insan media pers dengan tema ”Bersama Media, Menjaga Kondusivitas Negeri Menjelang Pemilihan Umum 2024”.

Kegiatan tersebut digelar di ruang Graha Sabha Canda Bhirawa, Senin (17/04), dan dibuka oleh Drs. H. Sentot Djamaluddin selaku Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kediri.

Pada kesempatan itu turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Kediri, didampingi oleh Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Ketua Fraksi PKB dan Ketua Fraksi Partai Gerindra.

Jalannya diskusi dipandu oleh Mega Wulandari dari Direktur Koran Memo sebagai moderator, serta para narasumber dari tokoh media pers dari Kediri, yaitu Kurniawan Muhamad Direktur Radar Kediri, Rofik Huda Direktur Radio Andika, Bambang Iswahyoedi Ketua PWI Kediri, Roma Duwi Juliandi Ketua IJTI Kediri dan Danu Sukendro Ketua AJI Kediri.

Dalam sambutan pembukaannya, Drs. Sentot Djamaluddin Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kediri menyampaikan bahwa diskusi dengan tema Menjaga Kondusivitas Negeri Menjelang Pemilihan Umum 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi insan media pers untuk turut serta berpartisipasi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam upaya bersama merawat nusantara, utamanya dalam penyebarluasan informasi yang terpercaya kepada masyarakat.

Semakin maraknya penyebaran informasi yang tidak jelas atau hoax, merupakan fenomena yang meresahkan masyarakat serta dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa serta merongrong keutuhan nusantara.

Pada era digital modern ini, semakin mudahnya berita-berita hoax yang beredar di tengah masyarakat, menjadi tantangan dan rintangan yang besar bagi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam menjaga kondusivitas dalam negeri menjelang Pemilu 2024.

“Berita-berita hoax yang beredar di tengah masyarakat jika dibiarkan dan tidak ditangani bersama akan menimbulkan gejolak dan keresahan masyarakat. Disinilah diperlukan peran, partisipasi dan komitmen bersama dari kita semua, terutama dari rekan-rekan media untuk menjalin hubungan yang harmonis dan sinergis antara media dengan masyarakat untuk mencegah penyebarluasan berita hoax guna mendukung terciptanya situasi dan kondisi masyarakat yang kondusif, serta sebagai wujud nyata upaya bersama dalam memelihara persatuan dan kesatuan bangsa demi keutuhan nusantara tercinta ini,” terang Sentot.

Selanjutnya setelah sambutan pembukaan oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kediri, para narasumber memberikan paparan secara bergantian tentang materi seputar peran media baik media cetak, online, televisi dan radio dalam upaya bersama menjaga kondusivitas negeri menjelang Pemilu 2024.

Diskusi DPRD bersama insan media pers ini berlangsung hangat dalam sesi tanya jawab dengan peserta diskusi.(adv/dprdkabkdr/*/kur)

Related posts

Leave a Comment