Cicip Durian Slumbung, Salah Satu Agrowisata Istimewa di Kabupaten Kediri

ADAKITANEWS, Kediri – Di Kabupaten Kediri terdapat salah satu daerah yang menjadi sentra penghasil durian. Tidak hanya satu varietas saja, namun ada beberapa macam jenis durian yang rasanya tak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Daerah tersebut adalah Dusun Slumbung di Desa Mlancu Kecamatan Kandangan. Daerah ini sejak dulu dikenal sebagai surga buah durian, dan banyak dijadikan tempat kulakan pedagang untuk dijual lagi di kawasan Krian, Jombang, Mojokerto dan Surabaya.

Satu yang menjadi dasar standar kualitas durian Slumbung, adalah buahnya yang masak pohon, sehingga terjamin lezat dan sehat.

Untuk terus lebih mengenalkan kelezatan durian Slumbung, digelar acara bagi-bagi durian grartis, Minggu (18/02). Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 300 durian dibagikan secara gratis kepada seluruh pengunjung. Durian tersebut dibentuk menjadi sebuah tumpeng setinggi 4 meter, dengan diameter selebar 3 meter.

Kepala Dusun Slumbung, Mulyono mengatakan, dengan kegiatan ini diharapkan mampu mengenalkan kepada wilayah lain tentang potensi durian Slumbung. Selain itu juga menjadi langkah awal menjadikan wilayah Slumbung sebagai agrowisata durian.

“Bila dahulu durian hanya dibeli tengkulak, harapannya kini pecinta durian bisa datang langsung kesini menikmati durian slumbung yang dijamin enak dan jenisnya variatif. Yang pada akhirnya meningkatkan harga jual dan kesejahteraan petani durian. ” terang bapak dua anak ini.

“Harga dijamin murah mulai 12 ribu sampai yang besar harga 50 ribu. Selain itu juga mengenalkan kepada pengunjung potensi kami seperti kripik bothe, rambutan, manggis, susu segar dan lain sebagainya.” tambahnya.

Bupati Kediri, dr Hj Haryanti Sutrisno yang juga hadir dalam acara tersebut juga mengungkapkan apresiasinya. Ia berharap keberadaan varietas durian ini nantinya dapat didaftarkan benihnya sehingga bersertifikat.

“Selain menjual buah dan olahan produk durian tentu perlu diperhatikan keberadaan sertifikat bibit. Sehingga lebih memberi nilai positif bagi nama Slumbung semakin dikenal lalu harganya bagus.” tuturnya.

“Karena durian ini enak pasti akan dicari untuk ditanam. Nah perlu kita amankan dan ambil keuntungan dari setiap bibit yang dijual.” tambahnya.(adv/kominfo/kur)

Keterangan gambar: Bupati Kediri, dr Hj Haryanti Sutrisno saat mencicipi durian Slumbung.(dok. Dinas Kominfo Kabupaten Kediri)

Related posts

Leave a Comment