Bupati Nganjuk Sambangi Petilasan Jenderal Soedirman

ADAKITANEWS, Nganjuk – Bupati Nganjuk, H Novi Rahman Hidayat, S.Sos, M.M., bersama Wakil Bupati Nganjuk, Dr Drs H Marhaen Djumadi, S.E, S.H, M.H, MBA. dan unsur Forkopimda Nganjuk mengunjungi petilasan Jenderal Soedirman di Desa Bajulan Kecamatan Loceret, Minggu (24/11).

Ada beberapa tempat bersejarah di area tersebut. Diantaranya rumah singgah, tempat rapat hingga tempat salat Jenderal Soedirman.

Rombongan Forkopimda Nganjuk disambut langsung oleh Mbah Jirah, juru kunci petilasan Jenderal Soedirman. Menurut Mbah Jirah, Jenderal Soedirman pernah singgah di tempat tersebut selama 9 hari. Ia juga mengaku sempat memasak untuk Jenderal Soedirman pada saat itu.

Mas Novi, sapaan akrab Bupati Nganjuk mengatakan, kedatangannya ke petilasan Jenderal Soedirman adalah untuk mengetahui lebih dalam tentang jejak sejarah Jenderal Soedirman selama bergerilya di wilayah Nganjuk, pada zaman agresi militer Belanda.

“Semangat juang inilah yang harus diwarisi oleh generasi muda bangsa ini, maka generasi muda harus mengisi kemerdekaan dengan pembangunan serta menjaga keutuhan NKRI, “ tambah Mas Novi.

Kunjungan tersebut sekaligus dilaksanakannya pemberangkatan giat Napak Tilas perjalanan rute gerilya Jenderal Besar Soedirman Bajulan-Sawahan oleh Bupati Nganjuk.

Pada kesempatan tersebut, Bupati dan Forkopimda sempat merasakan langsung duduk di atas batu, yang dahulu menjadi tempat Jenderal Besar Soedirman dan anak buahnya menyusun strategi menghadapi agresi militer Belanda.(adv/hms/*/kur)

Keterangan gambar: Bupati Nganjuk, H Novi Rahman Hidayat memberangkatkan rombongan peserta napak tilas rute gerilya Jenderal Soedirman.(nganjukkab.go.id)

Related posts

Leave a Comment