Bupati: BOP Ringankan Beban Pendidikan

ADAKITANEWS, Kediri – Tahun ini merupakan tahun keempat Pemerintah Pusat menggelontorkan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) kepada lembaga pendidikan yakni Tapos, PAUD, dan TK. Bantuan tersebut diharapkan bisa meringankan beban masyarakat dan pembiayaan pendidikan.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Kediri, Hj Haryanti Sutrisno saat memberikan sambutan dalam Sosialisasi Permendikbud nomor 4 tahun 2019 tentang Juknis Penyelenggaraan DAK Non Fisik BOP PAUD Tahun 2019 di Gedung Bagawanta Bhari pada Rabu (20/03).

Bupati mengatakan, bantuan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap lembaga-lembaga pendidikan. “Tetapi jangan sampai dana BOP ada yang diselewengkan. Kalau membeli Alat Permainan Edukatif disesuaikan dengan kebutuhan, jangan sampai pembeliannya melebihi harga yang telah ditentukan. Hal tersebut agar tidak membebani dana BOP,” tegas Bupati.

Masing-masing lembaga pendidikan tersebut, tambah Bupati, sudah mendapatkan dana BOP secara langsung dengan cara ditransfer dari pusat. Dan Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri, tidak berhak ikut campur di dalamnya.

“Saya berpesan dana BOP digunakan dengan sebaik-baiknya, jangan sampai disalahgunakan. Itu dana untuk kelancaran pendidikan bagi anak cucu kita dan harus tepat pada sasarannya. Dana BOP tersebut dapat meringankan beban pendidikan bagi wali murid kalau pengelolaannya bisa tepat pada yang berhak. Semoga dengan adanya dana BOP ini para guru PAUD dan murid bisa lebih bersemangat lagi dalam mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas,” harap Bupati.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri, Drs H Mujahid, MM mengatakan, tujuan dari BOP adalah untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang bermutu. Selain itu juga untuk membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan peningkatan akses masyarakat terhadap pendidikan anak usia dini yang adil dan lebih bermutu.

Sekadar diketahui, DAK Nonfisik BOP PAUD adalah dana yang dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara (APBN) kepada daerah. Dana ini untuk membantu penyediaan pendanaan biaya operasional nonpersonal bagi satuan pendidikan yang menyelenggarakan program pendidikan anak usia dini.(adv/kominfo/*/kur)

Keterangan gambar: Bupati Kediri, Hj Haryanti Sutrisno saat menghadiri sosialisasi di Gedung Bagawanta Bhari.(dok. Dinas Kominfo Kabupaten Kediri)

Related posts

Leave a Comment