72 Anggota Paskibra Nganjuk Dikukuhkan

ADAKITANEWS, Nganjuk – Pj Bupati Nganjuk, Sudjono mengukuhkan 72 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Nganjuk. Pasukan inilah yang nantinya akan bertugas penggibarkan bendera merah putih pada upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, Jumat (17/08), di lapangan GOR Bung Karno, Begadung Nganjuk.

Pengukuhan dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Nganjuk pada Rabu (15/08) malam dengan disaksikan sejumlah OPD dan Forkompimda Nganjuk, serta para orang tua wali murid anggota Paskibra.

Dalam sambutannya, Sudjono menyampaikan bahwa animo pelajar yang mendaftar menjadi pasukan pengibar bendera sebelumnya sangat tinggi. Tercatat, ada ribuan pelajar SMA dan SMK sederajat se-Kabupaten Nganjuk, yang mengikuti pendaftaran pada tahun ini.

Hanya saja, dari ribuan siswa tersebut, panitia hanya menentukan 72 siswa saja. Para anggota Paskibra yang terpilih itu kemudian dilatih dan disiapkan untuk menjadi pasukan pengibar bendera pada upacara detik-detik Proklamasi 17 Agustus 2018.

“Jadi anggota Paskibra memiliki tanggungjawab mulia sebagai anak bangsa. Hal itu, dibuktikan dengan pengibaran bendera merah putih saat upacara detik-detik Proklamasi 17 Agustus 2018 nanti,” ujar Sudjono.

Salvadena, salah satu anggota pasukan pengibar bendera mengatakan, untuk persiapan pengibaran bendera dilakukan latihan dan pembinaan selama 30 hari. Dan puncaknya, dilakukan pengukuhan oleh Pj Bupati Nganjuk sebelum terjun langsung di lapangan pada upacara detik-detik Proklamasi 17 Agustus 2018.

“Sebulan lamanya, kami dilatih baik secara mental maupun fisik. Sehari sebelum bertugas mengibarkan bendera sang saka merah putih, kami dilantik terlebih dahulu oleh Bapak Pj Bupati,“ katanya.

Menurut pelajar SMAN 1 Patianrowo ini, persiapan fisik dan mental sangat diperlukan agar selama pelaksanaan pengibaran bendera tidak mengalami kendala dan berjalan lancar.(adv/hms/c1/kur)

Keterangan gambar: Pengukuhan anggota Paskibra Kabupaten Nganjuk.(ist)

Related posts

Leave a Comment