Risiko Pemegang Form A5, Kartu Suara yang Diterima Berkurang

ADAKITANEWS, Tulungagung – Hingga saat ini setidaknya sudah ada 1.565 pemilih yang telah mengurus formulir A5 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung. engurusan formulir A5 tersebut diperuntukkan bagi pemilih yang akan melakukan pindah memilih pada Pemilu 2019 pada 17 April mendatang.

Untuk layanan tersebut, KPU Tulungagung diketahui juga telah membuka posko pindah pemilih. “Setelah kita buka posko pelayanan formulir A5, atau posko pindah pemilih, sambutan masyarakat cukup bagus. Banyak masyarakat yang memanfaatkan untuk pengurusan formulir A5,” kata Komisioner KPU Tulungagung, yang membidangi Perencanaan Data dan Informasi, M. Khoirul Anam, Rabu (27/02).

Lanjut Anam, sejak layanan dibuka sebulan terakhir, sudah tecatat sebanyak 1.565 pemilih yang telah mengurus formulir A5. Jumlah itu merupakan jumlah pemilih yang masuk maupun keluar Kabupaten Tulungagung.

Anam memerinci jumlah pemilih yang masuk atau Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) sebanyak 832 pemilih. Sementara pemilih yang keluar dari Tulungagung ke kota/kabupaten lain sebanyak 733 pemilih.

Untuk pengurusan fornulir A5, pihak pemohon harus memiliki alasan yang jelas. Namun secara umum mereka pindah memilih dikarenakan beberapa alasan. Diantaranya sedang ada tugas saat hari pemungutan suara, sedang menjalani rawat inap di rumah sakit, atau sedang berada di panti sosial, rehabilitasi narkoba, menjadi tahanan di rutan maupun lembaga permasyarakatan, tugas belajar, pindah domisili, atau bekerja di luar domisilinya.

Namun pemilih yang masuk tersebut mayoritas karena sedang tugas belajar. Sementara untuk jumlah pemilih yang keluar mayoritas beralasan karena faktor pekerjaan di luar kota.

Tambah Anam, dengan mengurus formulir A5 tersebut, berarti mereka siap dengan konsekuensi berkurangnya penerimaan surat suara. Mereka yang seharusnya menerima lima jenis surat suara, nantinya dengan formulir A5 maka surat suara yang akan diterima pemilih menjadi berkurang.(bac)

Keterangan gambar : KPU Tulungagung saat menggelar sosialisasi bagi pemilih pemula.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment