Pastikan Keaman Logistik C1 Plano, Kapolres Lamongan Sidak Kantor KPU

ADAKITANEWS, Lamongan – Hingga saat ini situasi wilayah Kabupaten Lamongan pasca Pemilu Serentak 2109 masih dalam keadaan aman dan kondusif. Hal ini disampaikan Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung saat melakukan sidak di Kantor KPU Lamongan untuk menyambut kedatangan logistik C1 Plano dan berita acara yang dikirim ke KPU Lamongan, Jumat (26/04) siang.

AKBP Feby DP Hutagalung dengan didampingi Dandim Dandim 0812/Lamongan, Letkol Arh Sukma Yudha Wibawa mengatakan, kedatangannya ke Kantor KPU Lamongan ini adalah untuk melihat secara langsung tempat yang rencananya akan digunakan sebagai lokasi rekapitulasi suara tingkat Kabupaten, sekaligus untuk menyambut kedatangan logistik hasil Pemilu dari tingkat Kecamatan.

“Kami datang ke sini untuk melihat dari dekat persiapan penyambutan pengiriman logistik hasil pemilu yang sudah direkap oleh PPK di tingkat Kecamatan,” jelasnya.

Hingga Jumat (26/04) siang, sudah ada 10 PPK yang telah merampungkan rekapitulasi di tingkat Kecamatan, dan menyisakan 17 Kecamatan lagi.

“Dari pengiriman logistik petugas PPK mendapat pengawalan dari aparat gabungan Polres dibantu anggota Kodim, dan kami ingin memastikan kalau proses rekapitulasi selalu mendapatkan penjagaan dari aparat untuk memberikan rasa aman,” ungkapnya.

Untuk pengamanan tahapan Pemilu ini kata AKBP Feby, merupakan bagian dari tanggung jawab aparat kemanan dan juga instruksi dari Kapolri dan Panglima TNI yang memerintahkan aparat keamanan untuk mengamankan tahapan pemilu di semua tingkatan, sehingga pesta demokrasi ini berjalan dengan jujur dan adil.

“Kalau ada yang mengacau, kami tidak akan mentoleransi dan akan melakukan tindakan tegas terukur, apabila ada yang mengancam keselamatan kita dan keselamatan jiwa orang lain,” tegasnya.

AKBP Feby berharap kepada jajarannya untuk terus melakukan kesiagaan dalam pengamanan tahapan pemilu. “Saat ini di tingkat PPK masih ada sekitar 100 anggota aparat kepolisian yang terus berjaga-jaga di Kecamatan,” tandasnya.

Sementara itu Komisioner KPU Lamongan Divisi SDM dan Parmas, Fatkhur Rohman menjelaskan, beberapa Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) sudah menuntaskan rekapitulasi di tingkat Kecamatan, bahkan sebagian logistik C1 Plano dan berita acara mulai dikirim ke KPU Lamongan untuk selanjutkan dilakukan rekapitulasi tingkat Kabupaten.

“Beberapa logistik dari 10 Kecamatan sudah dikirim. Secara umum kami sudah siap untuk menggelar rekapitulasi tingkat Kabupaten yang rencananya akan digelar pada 1-3 Mei 2019,” pungkasnya.(ng1)

Keterangan gambar: Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung disamping Dandim 0812 Letkol Arh Sukma Yudha Wibawa saat sidak di kantor KPU.(foto: suprapto)

Related posts

Leave a Comment