KPU Tulungagung Akan Siapkan TPS Ramah Bagi Penyandang Disabilitas

ADAKITANEWS, Tulungagung – Puluhan penyandang disabilitas mendapatkan pemahaman mengenai pelaksanaan Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung, Kamis (29/11).

Kegiatan yang dikemas dalam sosialisasi tersebut dilaksanakan di gedung Media Center KPU Tulungagung. Selain disampaikan tatacara mencoblos, mereka juga mendapatkan materi dan wawasan tentang pasangan Capres dan Cawapres, serta pengenalan Parpol.

Komisioner KPU Tulungagung, Mustofa menyampaikan, saat ini di Tulungagung ada 1.864 penyandang disabilitas yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). “Kelompok penyandang disabilitas ini merupakan salah satu kelompok yang termasuk dalam sasaran sosialisasi. Agar pada Pemilu nanti mereka dapat menggunakan hak pilihnya,” kata Mustofa.

Pada pelaksanaan pencoblosan nanti, KPU juga mengaku akan menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ramah bagi penyandang disabilitas.

“Mereka juga kita layani. Kita siapkan meja yang tidak menyulitkan bagi penyandang disabilitas. KPU juga menyiapkan jalan menuju bilik yang bisa dilewati dengan kursi roda. Dan menyiapkan template bagi penyandang tuna netra,” jelas Mustofa.

Disisi lain, dengan sosialisasi tersebut, menurut Ketua Persatuan Cacat Tubuh (Percatu) Tulungagung, Didik Prayitno, sangat membantu bagi anggotanya.
“Dengan sosialisasi ini kami lebih paham siapa yang akan kita pilih nanti,” ujar Didik.(bac)

Keterangan gambar :
Penyandang disabilitas saat mendapatkan pemahaman Pemilu dari Komisioner KPU Tulungagung.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment