KPU Kediri Sosialisasikan Jumlah Dapil Pemilu 2019

ADAKITANEWS, Kediri – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar sosialisasi pelaksanaan tahapan Pemilihan Umum 2019, Selasa (15/05). Salah satunya adalah terkait jumlah dapil (Daerah Pemilihan), serta jumlah kursi yang akan diperebutkan para calon anggota legislatif (caleg).

Ketua KPU Kabupaten Kediri, Sapta Andaruisworo mengatakan, sosialisasi tersebut selain melibatkan seluruh partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2019 di Kabupaten Kediri, juga mengundang berbagai unsur terkait. Diantaranya akademisi, ormas, LSM, serta stakeholder lainnya.

“Hari ini kami mensosialisasikan penetapan daerah pemilihan atau dapil, dan alokasi kursi DPRD Kabupaten Kediri,” kata Sapta, disela jeda acara yang digelar di Hotel Bukit Daun Kediri.

Sapta menjelaskan, jumlah dapil di Kabupaten Kediri pada pelaksanaan Pemilu 2019 nanti, akan sama dengan pemilu sebelumnya, yakni tahun 2014. “Kebetulan untuk dapil yang sudah ditetapkan oleh KPU RI untuk Kabupaten Kediri ini, masih tetap sesuai dengan dapil pada periode 2014 kemarin. Dimana ada 6 dapil,” tambahnya.

Dijelaskan Sapta, untuk dapil 1 ada alokasi 10 kursi, dapil 2 ada 10 kursi, dapil 3 ada 6 kursi, dapil 4 ada 7 kursi, dapil 5 ada 8 kursi, dan dapil 6 ada 9 kursi. “Jadi totalnya ada 50 kursi,” ujarnya.

Selain mensosialisasikan jumlah dapil serta alokasi kursi di DPRD Kabupaten Kediri, hari itu KPU juga menggelar bimbingan teknis bagi seluruh PPK (Panitia Pemilu Kecamatan) se-Kabupaten Kediri, terkait proses pemungutan dan penghitungan suara, pada Pemilihan Gubernur Jatim 2018.

Untuk diketahui, dalam Pemilu 2019 mendatang, yang termasuk dalam dapil 1 adalah wilayah Kecamatan Gampengrejo, Gurah, Kayenkidul, Ngasem, Pagu dan Papar. Dapil 2 ada Kecamatan Badas, Kunjang, Pare, Plemahan, dan Purwoasri, serta dapil 3 ada wilayah Kecamatan Kandangan, Kepung, dan Puncu.

Sementara di dapil 4, terdiri dari Kecamatan Ngancar, Plosoklaten, dan Wates. Dapil 5 ada Kecamatan Kandat, Kras, Ngadiluwih, dan Ringinrejo, serta dapil terakhir yakni dapil 6 terdiri dari Kecamatan Banyakan, Grogol, Mojo, Semen, dan Tarokan.(kur)

Keterangan gambar: Sosialisasi jumlah Dapil oleh KPU Kabupaten Kediri.(foto: kurniawan)

Related posts

Leave a Comment