Calon Perseorangan Pilkada di Tulungagung Sudah Lakukan Start

ADAKITANEWS, Tulungagung – Bakal calon perseorangan untuk maju dalam bursa pemilihan kepala daerah Tulungagung pada 2018, sudah mulai mengambil formulir pendaftaran di KPUD setempat. Dan setidaknya, ada dua orang yang telah datang ke kantor KPUD, yakni Suparlan dan Chamim Badruzzaman.

“Yang datang ke KPU terkait pencalonan lewat jalur perseorangan, sebenarnya ada tiga. Namun satu di antaranya masih sebatas konsultasi,” kata Fatah Masrun, komisioner KPUD Tulungagung, Rabu (13/09).

Suparlan yang merupakan warga asli Kedungwaru kabupaten Tulungagung ini berencana maju di bursa Pilkada Tulungagung mendatang lewat jalur perseorangan atau independen. Suparlan yang dikenal sebagai pengusaha tambang batubara di Balikpapan ini, juga diketahui menjabat sebagai Ketua Pawarta Bakti (Paguyuban Warga Tulungagung di Balikpapan Kalimantan Timur).

Melalu Sutrisno, selaku juru bicaranya, mengkonfirmasi terkait kepastian rencana Suparlan untuk maju dalam Pilkada Tulungagung dari jalur perseorangan mendatang. “Pak Parlan masih terus bergerilya mencari dukungan masyarakat. Tim juga telah mempersiapkan persyaratan yang diperlukan sesuai ketentuan dari KPU,” kata Sutrisno.

Sementara Chamim Badruzzaman, tokoh NU sekaligus politisi yang pernah menduduki jabatan sebagai Ketua DPRD Tulungagung periode 2004-2009 dan diketahui datang mengambil formulir di kantor, mengaku kedatangannya bukan untuk kepentingannya sendiri maju dalam Pilkada Tulungagung. “Bukan untuk saya pribadi, tapi untuk kolega saya,” kata Chamim.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu KPUD Tulungagung telah mengumumkan syarat minimal dukungan bagi calon perseorangan untuk bisa maju dalam bursa pemilihan kepala daerah setempat yakni 63.752 pemilih. Angka ini diperoleh dari 7,5 persen jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pemilu terakhir, yaitu pemilu presiden dan wakil presiden (pilpres) tahun 2014 yang tercatat sebanyak 850.016 pemilih.(ta1)

Keterangan gambar : Logo KPU.(google.com)

Related posts

Leave a Comment