Beredar SMS Black Campaign, Kepada Salah Satu Paslon Pilgub Jatim

ADAKITANEWS, Blitar – Tim relawan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak, yang berada di Kabupaten Blitar melaporkan dugaan terjadinya black campaign (kampanye hitam) ke Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Blitar, Selasa (26/06). Dugaan black campaign tersebut, terjadi di Kecamatan Kanigoro dan Kecamatan Gandusari.

Salah seorang Tim Relawan, Muzakki Ahmad Setiawan mengatakan, ada beberapa barang bukti dugaan black campaign Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 1 yang sudah dilaporkan ke Panwaslu Kabupaten Blitar. Diantaranya bukti SMS yang berisi tentang fitnah atau tuduhan kepada Paslon nomor urut satu, dimana bukti SMS telah disebarluaskan di daerah Kanigoro dan Gandusari, pada Senin (25/06) pukul 13.40 WIB. Serta bukti nomor telepon yang mengirimkan SMS tersebut.

“Kami sudah mengetahui itu semuanya sejak kemarin. Jadi, bagi kami merupakan hal yang berindikasi memfitnah paslon nomor urut satu dan berusaha mengadudomba antara kelompok satu dengan kelompok yang lainya,” jelasnya, Selasa (26/06).

Muzakki Ahmad Setiawan mengaku, pihaknya meminta Panwaslu Kabupaten Blitar untuk segera memproses laporan tersebut. Sehingga, tidak menimbulkan polemik di kalangan masyarakat termasuk tim pendukung Paslon nomor urut satu. “Harapan kami ini semua bisa segera diproses, jadi di masa pencoblosan ini tidak timbul polemik di kalangan masyarakat,” pungkasnya.

Ditemui secara terpisah, Staf Panwaslu Kabupaten Blitar Divisi Hukum dan Pelanggaran, Ainun Najib mengatakan, pihaknya secara resmi telah menerima laporan tersebut. Panwaslu pun mengaku akan segera menyampaikan hal ini kepada pimpinan Panwaslu Kabupaten Blitar. Sementara untuk proses yang akan dilalui berikutnya, merupakan kewenangan dari Ketua dan Komisioner Panwaslu Kabupaten Blitar.

“Jadi, saya sifatnya hanya menerima laporan saja. Kalau untuk proses berikutnya akan segera kita sampaikan kepada pimpinan terlebih dahulu,” terangnya.(fat)

Keterangan gambar: Kutipan sms dugaan black campaign, dan saat tim pemenangan Paslon Cagub nomor urut melapor ke Panwaslu.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment