PPDB Jalur Zonasi SMP Negeri di Blitar Tak Penuhi Pagu

ADAKITANEWS, Blitar – Sistem Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPBD) SMP Negeri tahun ajaran 2019/2020 tetap menggunakan tiga jalur, yakni zonasi 90 persen, prestasi 5 persen, dan perpindahan tugas orang tua/wali 5 persen.

Untuk PPDB jalur zonasi pendaftarannya telah berakhir pada 4 Mei 2019, serta sudah diumumkan pada 8 Mei 2019. Namun demikian ternyata masih ada belasan SMP Negeri yang belum memenuhi pagu.

Kasi Peserta Didik dan Kurikulum Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Tatit Indro Wicakso mengatakan, ada 11 SMP Negeri yang tersebar di Kabupaten Blitar belum memenuhi pagu. Diantaranya SMP Negeri 1 dan 2 Wates, SMP Negeri Wonodadi, SMP Negeri 3 Nglegok, SMP Negeri 3 Ponggok, SMP Negeri 2 Panggungrejo, SMP Negeri 1 dan 2 Wonotirto, SMP Negeri 3 Kademangan, SMP Negeri 2 Bakung, dan SMP Negeri 2 Doko.

“Kalau jumlah keseluruhan lembaga sekolah tingkat SMP Negeri di Kabupaten Blitar ada 48 lembaga, dan yang tidak memenuhi pagu melalui jalur zonasi sebanyak 11 lembaga,” kata Tatit, Selasa (14/05).

Tatit menjelaskan, penyebab tidak terpenuhinya pagu, yakni karena jumlah lulusan SD dikawasan setempat terlalu sedikit, sehingga tidak bisa mencukupi dengan jumlah lembaga tingkat SMP yang ada.

“Nah, makanya untuk sekolah yang jumlah pagunya berlebih maka siswa-siswinya akan dipindahkan ke sekolah yang pagunya belum terpenuhi,” ujarnya.

Tatit menambahkan, setiap tahun pihaknya memastikan tetap melakukan evaluasi terhadap sistem PPDB. Sementara untuk PPDB jalur prestasi, pendaftarannya akan dimulai pada 20 – 21 Mei 2019.(fat/wir)

Keterangan gambar: Tatit Indro Wicakso, Kasi Peserta Didik dan Kurikulum Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment