Momen HUT PGRI: Guru Sebagai Penggerak Perubahan Era Revolusi Industri

ADAKITANEWS, Nganjuk – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) se-Kabupaten Nganjuk mengadakan acara tasyakuran bertema “Guru sebagai Penggerak Perubahan dalam Era Revolusi Industri”, dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun PGRI ke-73, di kantor KPGRI Mekar Jaya Baron, Sabtu (08/12).

Dalam amanah sambutan Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidayat S.Sos, M.M, yang diwakili oleh Ketua PGRI Kabupaten Nganjuk, Drs Sujito MM, mengatakan, pendidik diharapkan mampu menjadi suri tauladan. Sesuai filosofi kata “guru” yang berarti digugu (diikuti,jawa-red) dan ditiru.

Sudjito mengatakan, pendidikan yang utama adalah pembentukan siswa berkarakter. Artinya, siswa memegang teguh budaya sopan santun, peduli dan gotong royong

“Guru sebagai benteng generasi bangsa. Didiklah siswa dengan mengenal sejarah, bangsa yang hebat adalah bangsa yang menghargai sejarah,” ucapnya.

Dalam era kebebasan informasi, lanjut Drs Sujito MM, guru diharap juga bisa mendidik siswanya agar tidak mudah menerima berita-berita hoax. Guru harus selalu bisa menjadi role mode, artinya sebagai pioner untuk bisa mengikuti dinamika perubahan-perubahan di dunia pendidikan.

“Guru hurus terus bersatu, ikhlas dalam memberikan pengabdiannya agar ilmu bisa bermanfaat untuk anak didik dan sebagai amaliyah kelak di yaumil akhir. Salam hormat dari saya untuk keluarga besar PGRI,” urainya.

Sujito mengatakan, dalam era revolusi industri, guru diharapkan menjadi motor penggerak perubahan, yang tidak bergerak statis tapi dinamis.

“Era revolusi industri, era digitalisasi yaitu guru harus berada di depan, ” pungkasnya.

Acara diakhiri dengan pemberian hadiah perlombaan berbagai perlombaan yang digelar oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Nganjuk dan pemotongan tumpeng.(ng1)

Keterangan gambar: Persatuan Guru Republik Indonesia Kabupaten Nganjuk saat berfoto bersama dan penyerahan hadiah serta pemotongan tumpeng.(foto: suprapto)

Related posts

Leave a Comment