Jumlah Pelajar Duta Karakter di Blitar Masih Kurang

ADAKITANEWS, Blitar – Sebanyak 1.500 pelajar di 18 lembaga atau sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Blitar, telah dikukuhkan menjadi Duta Karakter, Selasa (15/05) kemarin. Namun demikian, menurut DPRD jumlah itu dinilai masih kurang.

Pengukuhan duta karakter ini sebagai bentuk implementasi atas penerapan pendidikan karakter sesuai dengan UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Presiden (Perpres) No 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

DPRD Kabupaten Blitar melalui Sekretaris Komisi IV, Gatot Darwoto mengatakan, pihaknya sangat mendukung program pembentukan duta karakter ini. Menurut Gatot, pembentukan karakter memang harus dimulai sejak dini. Sehingga generasi muda bisa dibentengi dengan pendidikan karakter dari pengaruh negatif.

“Tentu kami sangat mendukung program ini. Apalagi saat ini pengaruh negatif dari media sosial juga sangat luar biasa. Jadi dengan pembekalan pendidikan karakter ini, generasi muda tidak terpengaruh hal-hal yang negatif,” kata Gatot, Rabu (16/05).

Lebih lanjut Gatot menuturkan, jumlah pelajar sebagai duta karakter juga perlu ditambah. Mengingat program ini sangat bagus, maka harus dikembangkan secara menyeluruh terhadap anak didik yang ada di Kabupaten Blitar.

“Jadi pembentukan karakter ini tidak hanya untuk duta, tetapi duta harus bisa menyebarkan pendidikan karakter ini kepada seluruh siswa di sekolahnya masing-masing,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar Budi Kusumardjaka mengatakan, pembentukan pelajar sebagai duta karakter tidak hanya berhenti disini. Karena pihaknya memastikan, kedepan akan ada penambahan jumlah duta karakter lagi. Hal ini dilakukan agar penerapan pendidikan karakter bisa maksimal.

Kedepan, lanjut Budi, pihaknya berharap semua pihak bisa terlibat. Mulai dari peran orang tua, peran masyarakat, peran guru, peran sekolah dan peran pemerintah serta semua pihak. Artinya semua pihak memiliki peran masing-masing dalam mewujudkan pendidikan karakter.

“Jika semua kompak dan pendidikan karakter bisa berjalan, maka kedepan cita-cita Indonesia emas akan terwujud pada 2045,” harapnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Pengukuhan Duta Karakter di Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment