Bentuk Kepribadian Siswa, Dewan Rencana Buat Perda Pendidikan Karakter

ADAKITANEWS, Blitar – Adanya video viral tentang seorang murid SMP yang membully gurunya di Kabupaten Gresik mendapat tanggapan dari berbagai pihak, termasuk DPRD Kabupaten Blitar. Dewan merasa prihatin atas kejadian tersebut dan menilai pendidikan karakter perlu dikuatkan lagi agar kejadian serupa tidak terulang, khususnya di Kabupaten Blitar.

“Saya sangat prihatin adanya peristiwa itu. Semoga tidak terulang kembali dan tidak menular di daerah kita,” kata Susi Narulita, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar, Rabu (13/02).

Menurut Susi, sebenarnya penguatan pendidikan karakter sudah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) nomor 87 tahun 2017. Untuk di Kabupaten Blitar saat ini turunannya masih berupa Peraturan Bupati (Perbup). Pihaknya pun berencana akan mengusulkan Perda tentang pendidikan karakter sebagai uapaya untuk menguatkan aturan atau kebijakan yang sudah ada dalam Perbup.

“Nanti akan kita usulkan sebagai Perda inisiatif. Saat ini kita juga sedang melakukan kajian pentingnya pendidikan karakter bagi siswa, baik SD maupun SMP yang saat ini menjadi kewenangan daerah,” ujarnya.

Politisi Partai Amanat Nasional ini mengaku sudah melakukan kunjungan ke daerah yang sudah memiliki Perda pendidikan karakter. Dijelaskannya, satu diantara materinya berisi tentang kewajiban seorang siswa untuk hatam kitab sucinya masing-masing. Selain itu jam pembelajaran agama juga ditambah.

“Dalam Perda itu juga mengatur budi pekerti kebudayaan lokal, seperti sopan santun dalam menghormati orang yang lebih tua, maupun tembang mocopat dan kinanti yang sebenarnya mempunyai falsafah luhur luar biasa. Ini bisa membentuk karakter kepribadian siswa. Dulu kita juga memakai itu, baru kemudian terkikis perkembangan zaman. Makanya kedepan kita berusaha bisa mengembalikan budaya itu,” tandasnya.

Susi menambahkan, pihaknya selaku lembaga legislatif mendukung adanya peningkatan karakter di Kabupaten Blitar agar anak-anak mempunyai kepribadian yang baik, cinta tanah air, dan menghargai nilai budaya bangsa Indonesia.(fat/wir)

Keterangan gambar: Susi Narulita, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment