10 Ribu Pasangan Orang Tua Dan Anak di Sidoarjo Pecahkan Rekor MURI‎

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Sebanyak 10.000 anak dan 10.000 orang tua di Sidoarjo memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) dengan menggelar kegiatan Gerakan Nasional Membaca Buku yang dilaksanakan di KNV (Khuripan Nirwana Vilage), Minggu (05/05) pagi.‎

Kegiatan yang mengambil tema “Penguatan Budaya Literasi adalah Kunci Mewujudkan Negeri Ini” itu bertujuan untuk menumbuhkan budaya literasi. Selain itu juga bertujuan untuk membiasakan orang tua membacakan buku terhadap anak dan mempererat hubungan emosional antara anak dan orang tua.

“Bahwa peran keluarga sangat diperlukan dalam penyelenggaraan pendidikan. Kegiatan Gernas Baku saat ini, juga dilaksanakan di Kota Makassar dan dipantau langsung oleh Kemendikbud RI dan ini baru pertama kali dilaksanakan di Sidoarjo dengan peserta terbesar, sehingga masuk rekor MURI,” papar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs Ec Asrofi dalam sambutannnya.‎

Pencipta lagu Gernas Baku dan Mars PAUD, Kak Sinung juga turut memeriahkan Gernas Baku di Sidoarjo ini. Selama kegiatan berlangsung, Lagu Gernas Baku dinyanyikan oleh Bupati Sidoarjo beserta istri.

Dari data yang tercatat di Disdikbud Sidoarjo,‎ saat ini tercatat sebanyak 1.662 lembaga PAUD dan TK, dengan jumlah guru sekitar 6.800 orang lebih, dan jumlah peserta didik 52.000 anak.

Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah menyatakan bahwa bulan Mei yang merupakan bulan pendidikan ini, Kabupaten Sidoarjo telah menentukan sikap memilih kegiatan nyata melakukan Gerakan Nasional orang tua membacakan buku untuk anak.

“Kegiatan ini merupakan implementasi refleksi untuk mereruskan prinsip Ki Hajar Dewantara yang tersirat pada tujuan pendidikan serta untuk‎ membiasakan anak agar senang membaca itu harus diawali dari orang tua,” turur Bupati yang disapa Abah Saiful ini.

Menurutnya, dengan orang tua memberi contoh seperti itu akan meningkatkan kemampuan anak untuk mengoptimalisasi kemampuan berkomunikasi dan berbahasa sejak dini dengan baik.

“Anak–anak akan mampu memanfaatkan waktunya dengan baik dan mampu meminimalisir pemanfaatan gadget pada anak – anak,” kata Abah Saiful.

Sementara itu Manajer MURI, Ariani Siregar menjelaskan bahwa saat ini MURI datang ke Kabupaten Sidoarjo dengan mencatatkan kegiatan Gernas Baku dengan peserta terbanyak lebih dari 20.000 peserta yang merupakan urutan rekor MURI ke-8.451 dan dua rekor MURI lainya bagi Kabupaten Sidoarjo.

“Ada 3 penghargaan yang diberikan oleh MURI pada pagi ini. Yakni kepada Bupati Sidoarjo pemrakarsa pembacaan buku, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, selaku penyelenggara dan Kepala Bidang PAUD dan Dikmas, Dr Sri Sutarsi, M.Si, atas rekor penyelenggaraan pembacaan buku oleh pasangan orang tua dan anak terbanyak,” ungkap Ariani.(sid3)

Keterangan gambar : Para orang tua terlihat membacakan buku kepada anak-anaknya dalam kegiatan Gerakan Nasional Membaca Buku yang dilaksanakan di KNV (Khuripan Nirwana Vilage).(ist)

Related posts

Leave a Comment