RSUD dr Soegiri Bangun Ruang Cuci Darah

ADAKITANEWS, Lamongan – RSUD dr Soegiri Lamongan bakal memiliki ruangan cuci darah atau HD (Hemodialisa) lebih dari sebelumya yakni 19 mesin dan tempat tidur. Hal itu dilakukan mengingat selama ini masih banyak masyarakat yang perlu layanana cuci darah di luar kota Lamongan, serta demi untuk terus meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat Lamongan utamanya, baik dari segi sarana maupun prasarana.

Direktur RSUD dr Soegiri Lamongan, dr Moh Chaidir Annas, M.M,M.Kes melalui Kassubag Hukum Organisasi dan Pemasaran, Budi Wignyo S S,Kep, Ns mengatakan, pihaknya akan mengupayakan tahun 2020 layanan cuci darah dengan kapasitas lebih dari sebelumnya bisa ditempati.

“Tahun depan, kami upayakan ruangan HD dengan kapasitas sebanyak 40 mesin dan atau tempat tidur dapat ditempati,” ujar Budi Wignyo Siswoyo S,Kep, Ns kepada awak media melalui sambungan seluler. Selasa (23/07).

Budi menyampaikan, ruangan HD saat ini masih memiliki 19 mesin, dimana untuk untuk 2 mesin dikhususkan bagi penderita HIV.

“Kami berharap adanya peningkatan layanan kesehatan khususnya pengembangan pada ruangan HD dengan kapasitas 40 mesin tersebut, pasien warga Lamongan yang hendak cuci darah sudah bisa terlayani tanpa harus ke rumah sakit wilayah Gresik maupun Surabaya,” ujarnya.

Sementara itu untuk pengembangan ruangan HD tersebut, lanjut Budi, rencananya juga akan dibangan ruangan serupa di lantai 2, tepatnya di ruang manajemen lama. Sedangkan untuk ruang manajemen akan dipindah diatas lahan parkir yang saat ini sedang dibongkar.

Dijelaskan, manajemen RSUD dr Soegiri Lamongan nantinya akan menyediakan lahan parkir baru bagi kendaraan roda empat yang ditempatkan di sebelah baratnya Gedung Korpri Lamongan. “Karena lahan atau area parkir yang lama sudah tidak mencukupi, sehingga perlu ada pengembangan lahan parkir,” terangnya.

Budi menambahkan, pembangunan RSUD dr Soregiri dilakukan semata-mata untuk memberi pelayanan terhadap masyarakat, khususnya pasien dan keluarga pasien. Pengembangan lahan parkir tersebut untuk seterusnya, bukan sementara. Selain untuk menambah kenyamanan dan peningkatan pelayanan. Pengembangan lahan parkir tersebut adalah untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di depan RSUD dr Soegiri Lamongan terutama saat pagi dan sore hari.

“Parkir sudah kita alihkan ke lokasi khusus, dan kami minta pemilik mobil untuk memakirkan kendaraanya di tempat parkir khusus, karena tempat parkir ini bisa menampung kendaraan roda empat kurang lebih 74 mobil. Selain itu juga demi kelancaran lalulintas,” pungkasnya.(prap)

Keterangan gambar: RSUD dr Sugiri Lamongan.(foto: suprapto)

Related posts

Leave a Comment