Reakreditasi, Dua Puskesmas di Blitar Ditargetkan Dapat Predikat Paripurna

ADAKITANEWS, Blitar – Dua puskesmas di Kabupaten Blitar tahun ini harus melakukan reakreditasi. Dua puskesmas tersebut diantaranya Puskesmas Srengat dan Wonodadi. Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar sendiri menargetkan keduanya bisa mendapat predikat paripurna.

“Sebelumnya kan dua pukesmas itu sudah menyandang predikat madya. Meski tingkatan atasnya adalah utama, tapi kita menargetkan bisa mendapat predikat atasnya lagi, yakni paripurna,” kata dr Cristine Indrawati, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Sabtu (01/06).

dr Cristine menjelaskan, persiapan sudah dilakukan sejak tahun lalu, dimana pihaknya telah berupaya menggugah atau mendorong kesiapannya. Karena sertifikat dua puskesmas ini habis pada Desember 2019, maka tiga bulan sebelumnya harus sudah mengajukan reakreditasi.

“Jadi karena sekian lama berjalan proses akreditasi, kami yakin mereka bisa memperoleh paripurna. Nah, jadi mereka harus mengajukan reakreditasi sekitar Oktober 2019,” ujarnya.

dr Cristine menambahkan, ada beberapa penilaian agar bisa mendapat predikat paripurna. Diantaranya, sistem manajemen puskesmas yang ditetapkan oleh kementerian itu dilaksanakan secara baik dan benar. Selanjutnya mereka bisa menyelenggarakan kegiatan yang mengadopsi dari masyarakat berdasarkan data di lapangan.(fat/wir)

Keterangan gambar: dr Cristine Indrawati, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment