Bulan Depan, Public Safety Center (PSC) Bakal Beroperasi

ADAKITANEWS, Blitar – Public Safety Center (PSC) merupakan unit penanganan pertama kasus emergency (kegawatdaruratan) di masyarakat yang menjamin respons cepat tanggap dan tepat. Sejak awal tahun 2019, Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar sudah melakukan koordinasi dengan instansi terkait serta sudah melakukan studi banding ke daerah lain, mengenai rencana pengoperasian PSC.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, dr Christine Indrawati mengatakan, penerarapan PSC merupakan upaya menyelamatkan nyawa dan mencegah kecacatan korban kegawatdaruratan. Untuk tahap awal, nantinya akan dioperasikan di RSUD Ngudi Waluyo serta di Puskesmas.

“Ini program yang sudah kita rencanakan secak awal 2019. Nah, kita targetkan bulan depan program ini bisa mui beroperasi,” kata dr Cristine, Rabu (15/05).

dr Christine menjelaskan, berdasarkan instruksi dari Kemenkes nantinya akan menggunakan call center 119, dimana jika masyarakat memerlukan bantuan dan mengalami masalah kesehatan mendadak bisa menghubungi call center tersebut. Sehingga masyarakat bisa langsung mendapat arahan dan penanganan dari petugas medis yang terdekat.

“Jadi sebelumnya petugas yang ada di masing-masing puskesmas juga sudah melakukan simulasi, sehingga diharapkan setelah program ini dijalankan bisa beroperasi secara maksimal,” ujarnya.

dr Christine menambahkan, jika program ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, maka kedepan akan lebih diluaskan ke beberapa fasilitas umum lain seperti Damkar, Kominfo dan lain-lain.(fat/wir)

Keterangan gambar: dr Cristine Indrawati, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment