Beri Layanan Lewat Sistem Online, Berharap Pasien Tak Lagi Antre Sejak Dini

ADAKITANEWS, Lamongan – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soegiri Lamongan memberikan kemudahan pelayanan kepada warga Lamongan. Salah satunya yakni pendaftaran rawat jalan berbasis aplikasi online.

“Aplikasi RAJA ORI (Rawat Jalan Soegiri) ini kita launching pada Selasa (13/08) lalu. Sistem pendaftaran antrean online ini menjawab harapan masyarakat untuk mengurai antrean rawat jalan di RSUD dr Soegiri Lamongan,” kata Direktur RSUD dr Soegiri Lamongan, dr Moh Chaidir Annas, Kamis (22/08).

dr Moh Chaidir Annas mengatakan, untuk pendaftaran rawat jalan online ini kita sepakat memberi nama RAJA ORI (Rawat Jalan Soegiri) karena untuk mempermudah dikenal, terutama oleh masyarat Lamongan. Sistem pendaftaran online untuk rawat jalan berbasis aplikasi ini, lanjutnya, sudah tersedia basis web dan lebih lanjut akan berkembang di playstore.

“Sehingga seluruh masyarakat yang hendak berobat ke RSUD dr Soegiri Lamongan bisa mengakses aplikasi ini,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini dapat mempersingkat waktu tunggu antrean pada poli rawat jalan. Adanya sistem pendaftaran online ini merupakan jawaban atas harapan masyarakat kepada RSUD dr Soegiri Lamongan. “Jika sebelumnya masyarakat antre bahkan sejak dini hari karena ingin dilayani cepat dan masuk ke kuota pelayanan harian, maka sekarang masyarakat bisa mengambil nomor antrean lebih cepat melalui aplikasi,” kata dr Annas.

dr Annas memaparkan, di awal implementasi antrean online ini, antrean dibatasi untuk 50 pendaftar pertama di setiap poli. Hal itu juga karena mempertimbangkan pasien yang datang langsung ke RSUD dr Soegiri Lamongan.

”Sisanya antrean onsite. Kami mempertimbangkan, wilayah akses internet belum terlalu lancar. Juga untuk membiasakan pasien dengan sistem antrean online. Jika sudah terbiasa, ke depannya kuota kami tambah. Harapan kami, tidak ada lagi pasien antre sejak dini hari,” bebernya.

Lebih jauh dr Annas menjelaskan, pasien juga dapat mengakses data real time. Yakni berupa jadwal pelayanan, poli rawat jalan, dokter yang bertugas, hingga informasi ketersediaan kamar.

Tak hanya itu, pasien juga akan mendapat kartu periksa elektronik yang berisi informasi pasien berikut nomor rekam medik pasien. “Jika pasien kebingungan, dapat menggunakan fitur yang telah disediakan dengan petugas rumah sakit,” tambahnya.(prap)

Keterangan gambar: Direktur RSUD dr Soegiri Lamongan, dr Moh Chaidir Annas saat memaparkan sistem pelayanan sistem online.(ist)

Related posts

Leave a Comment