300 Sasaran ORI di Blitar Dipastikan Terimunisasi Bulan Ini

ADAKITANEWS, Blitar – Sebanyak 300 sasaran Outbreak Response Imunisation (ORI) atau imunisasi difteri tahap pertama di Kabupaten Blitar dipastikan akan segera terimunisasi. Sementara sampai saat ini, cakupan Imunisasi Difteri tahap pertama di Kabupaten Blitar juga telah mencapai 90 persen.

Kasi Imunisasi dan Survelen Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Hendro Subagyo menyampaikan, sebanyak 300 sasaran itu merupakan siswa siswi SMK yang sebelumnya pada saat jadwal imunisasi difteri belum diimunisasi karena sedang pembelajaran praktik ke luar daerah.

Saat ini pihak Dinkes Kabupaten Blitar sudah berkomunikasi dengan masing-masing sekolah untuk menyesuaikan jadwal para siswa dengan pelaksanaan ORI pada akhir April ini. “Kita jadwalkan akhir April ini semua siswa SMK sudah terimunisasi. Jadi pencapaian kita lebih dari 90 persen,” katanya, Senin (16/04).

Lanjut Hedro, alat dan juga sumber daya manusia (SDM) untuk pelaksanaan imunisasi difteri juga sudah siap. Kini tinggal menunggu jadwal dari masing-masing sekolah.

Ia menegaskan, meski jumlah sasaran yang belum diimunisasi sangat sedikit jika dibandingkan dengan total sasaran yang mencapai 300 ribu lebih, namun mereka harus tetap diimunisasi untuk menghindari penyebaran virus difteri.

“Kalau melihat jumlahnya memang sedikit dibandingkan jumlah keseluruhan. Tetapi untuk menghindari virus difteri, tentu semuanya harus diimunisasi,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Hendro Subagyo, Kasi Imunisasi dan Survelen Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment