Merasa Ditipu, Puluhan Pembeli Tanah Kavling Lapor Polisi

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Puluhan orang yang mengaku sebagai pembeli atau user salah satu pengembang tanah kavling di Desa Simogirang Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo, mendatangi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Mapolres Sidoarjo, Senin (07/01).

Mereka datang untuk melaporkan pihak pengembang atas dugaan telah melakukan penipuan kepada para konsumen, yang sudah memberikan uang pembelian sebidang tanah kavling di desa tersebut dengan total pembayaran senilai Rp 40 juta.

Kepada awak media, Sofie, 37, warga Desa Simogirang Kecamatan Prambon mengatakan, kedatangannya bersama pembeli lainnya ke Polresta Sidoarjo adalah untuk meminta bantuan kepolisian terkait hak-haknya sebagai konsumen tanah kavling blok H-03 tahap 2 yang terletak di desa tersebut.

“Kita kesini meminta bantuan, agar persoalan ini kelar. Paling tidak, uang pembelian tanah kavling dikembalikan oleh yang bersangkutan. Total uang yang sudah saya bayar itu semuanya sesuai kuitansi Rp 40 juta untuk sebidang tanah ditambah Rp 1 juta untuk pembayaran booking lokasi,” katanya.

Hal senada juga disampaikan warga Desa Simorgirang lainnya, Thatag Wahyu. Dia menerangkan, awalnya tanah kavling tersebut, ditawarkan oleh marketing di jalan-jalan dekat lokasi lahan, dengan profil dan alamat kantor perusahaan pengembang tertera kelas di lembaran brosur. Sehingga banyak konsumen percaya dan membeli secara tunai. “Memang dalam perjanjian ada akad uang akan dikembalikan jika ada pembatalan. Nyatanya malah tidak ada kejelasan sampai sekarang,” katanya.

Terpisah, Kanit Pidana Umum Polresta Sidoarjo, Iptu Hafid mengatakan, bahwa surat laporan terkait masalah tersebut memang sudah keluar dari SPKT. Namun, masih dalam proses di Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Sidoarjo dan belum turun ke Unit apa yang dituju untuk menanganainya.
“Dari laporan para user ke SPKT selanjutnya diproses oleh Kasat Reskrim untuk menunjuk Unit mana yang akan menanganinya. Jadi ditunggu saja,” ujar Iptu Hafid.(sid3)

Keterangam gambar : Puluhan user tanah kavling saat berada di depan ruang SPKT Polresta Sidoarjo.(foto : andri santoso)

Related posts

Leave a Comment