Workshop Jurnalistik: Pers Yang Benar Dan Bertanggung Jawab

ADAKITANEWS, Lamongan – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lamongan menggelar acara Workshop Jurnalistik dengan tema “Pers Yang Benar Dan Bertanggung Jawab”. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Pendopo Lokatantra Lamongan, Selasa (18/02).

Acara yang menghadirkan dua orang narasumber yakni Ketua PWI Jawa Timur, Ainur Rohim dan Rizki Daniarto, praktisi Kehumasan dari Surabaya ini dibuka oleh Wakil Bupati Lamongan, Kartika Hidayanti. Menurut Wabup, masyarakat harus cerdas agar bisa membedakan produk pers dan media sosial. Sementara pena jurnalis, lebih tajam daripada pistol dan pisau.

“Perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat salah satunya medsos di era sekarang. Oleh karenanya, perlu adanya sikap hati-hati dengan menggunakan medsos seperlunya,” katanya.

Ditambahkan Wabup, tantangan dunia pers di era informasi ini adalah menghadapi ancaman medsos yang begitu cepat dan tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.

“Dengan adanya PWI Lamongan, produk atau karya jurnalistik yang disajikan teman – teman pers yang tergabung di dalamnya menjadikan masyarakat Lamongan terdidik dengan kebenaran informasi dan penanggung jawabanya,” terangnya.

Produk pers ini tentu melalui prosedur dan ketentuan jurnalistik. Seperti ada badan hukum resminya, ada boks redaksi, hingga penanggung jawabnya.

“Itu yang menjadi sangat penting dipahami semuanya. Produk pers sangat beda dengan medsos, terlebih produk hoaks. Pendidikan informasi menjadi penting supaya tidak mudah percaya pada medsos,” jelasnya.

Ia mengajak seluruh elemen masyarakat supaya bijak dalam bermedsos dan memahami karya jurnalistik yang benar dan bertanggung jawab.

“Yang tak kalah penting dari itu mari bersama menjaga supaya Lamongan menjadi daerah yang Baldatun Thoyyibatun Warabbun Ghofuur,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Kartika Hidayati mengapresiasi para insan pers dalam mengemban tugasnya setiap hari untuk menyajikan informasi yang benar dan bertanggung jawab. “Terimakasih kepada insan pers PWI Lamongan, yang selama ini telah memberikan konstribusi nyata yakni menyajikan informasi terkait apa saja yang di lakukan pemerintah daerah Lamongan,” terangnya.

Sementara itu Ketua PWI Lamongan, Bachtiar Febrianto menerangkan, kegiatan tersebut sebagai bentuk komitmen PWI Lamongan untuk selalu memberikan yang terbaik kepada masyarakat Lamongan.

“Dalam rangkaian HPN 2020 ini, PWI Lamongan fokus pada kegiatan sosial dan pendidikan kepada masyarakat. Salah satunya seperti yang sekarang ini kita lakukan , untuk memberikan pendidikan yang kaitanya dengan informasi,” papar pria yang akrab disapa Febri ini.

Sementara itu Ainur Rohim, Ketua PWI Jatim memaparkan lebih jauh perihal media massa dan produk jurnalisme yang benar dan bertanggung jawab. Sementara Rizki Daniarto, praktisi kehumasan memberikan pemahaman OPD dalam membuat karya jurnalistik.

Perlu diketahui, PWI Lamongan di HPN 2020 melaksanakan sejumlah rangkaian kegiatan sosial. Santunan kepada warga yang tidak mampu, bakti sosial dan pelayanan publik terpadu seperti Pasar murah, pemeriksaan kesehatan gratis, pelayanan akta catatan sipil hingga memberikan santunan kepada anak – anak yatim piatu di sejumlah yayasan.(prap)

Keterangan Gambar: Wakil Bupati Lamongan, Kartika Hidayanti didampingi Ketua PWI Lamongan, Bachtiar Febryanto.(ist)

Related posts

Leave a Comment