Tiga Rumah Roboh Diterjang Puting Beliung, Puluhan Lainnya Rusak

ADAKITANEWS, Lamongan – Hujan lebat disertai angin kencang menerjang wilayah Kecamatan Sambeng dan Modo Kabupaten Lamongan, Sabtu (09/11) sore. Akibatnya, puluhan bangunan rumah juga dikabarkan mengalami kerusakan.

Kasi Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamongan, Muslimin menjelaskan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB, diawali adanya hujan deras.

“Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang tersebut mengakibatkan 21 rumah rusak pada bagian atap dan 1 rumah roboh. Selain itu pula terjadinya bencana angin kencang tersebut baru pertama kalinya di wilayah Kecamatan Sambeng dan Modo pada saat mulai awal musim penghujan,” kata Muslimin, Minggu (10/11).

Data yang berhasil dihimpun menyebutkan, bencana puting beliung di Kecamatan Sambeng terjadi di Dusun Nogo Desa Nogojatisari. Di Dusun ini sebanyak 21 rumah mengalami keruskkan di bagian atap. Sedangkan di Kecamatan Modo, puting beliung menerjang rumah warga di Dusun Jati Desa Jatipayak, Desa Sumberagung, Desa Kedung Pengaron, Jati Payah, Desa Sidomulyo.

Di Dusun Terongglonggong Desa Sumberagung, terjangan puting beliung mengakibatkan 2 rumah roboh dan 15 rumah rusak. Rumah yang roboh tersebut adalah milik Hartono dan Abdul Rokim warga Terongglonggong.

Selain itu di Dusun Sumberwunggu Desa Kedungpengaron, juga ada 3 kandang ayam juga roboh dan mengakibatkan kerugian hampir Rp 300 juta. Sedangkan di Desa Jatipayak, rumah yang roboh adalah milik Abdul Mujib, warga setempat.

Meski terjangan angin tersebut tidak menelan korban jiwa, namun BPBD Lamongan berharap agar masyarakat tetap menjaga kewaspadaan mengingat saat ini hujan mulai terjadi di wilayah Lamongan.

“Kami berharap masyarakat tetap menjaga kewaspadaan, mengingat saat ini hujan mulai terjadi di wilayah Lamongan,” tandasnya.(prap)

Keterangan gambar: Sejumlah rumah yang rusak akibat diterjang puting beliung.(ist)

Related posts

Leave a Comment