Sungai Asinan Pantura Meluap, Rendam Puluhan Rumah

ADAKITANEWS, Lamongan – Setelah hujan lebat mengguyur wilayah Pantura Kecamatan Paciran dan Brondong Kabupaten Lamongan, Selasa (26/05) dini hari, air sungai Asinan (sungai pemisah antara dua Kecamatan di Pantura) meluap dan merendam perumahan kedua wilayah tersebut.

Kasi Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamongan, Muslimin mengatakan, saat ini pihaknya telah melakukan peninjauan lokasi dan melakukan evakuasi. “Saat ini debit air banjir sudah mulai turun,” kata Muslimin, Selasa (26/05).

Pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk mendapatkan bantuan kepada korban bencana luapan air sungai dalam rangka percepatan penanganan pencegahan Covid-19.

“Kami juga memberikan imbauan kepada masyarakat dan korban bencana agar tetap waspada dengan kemungkinan terjadinya luapan air susulan,” jelasnya.

Muslimin merinci, korban banjir bandang tersebut adalah rumah milik Sumantri, 53, warga lingkungan Sidokumpul RT 4/RW 12 Kelurahan Blimbing. Rumah ukuran 4×6 meter tersebut roboh dan hanyut dengan kerugian sekitar Rp 65 juta

Kemudian rumah milik Hendro Samara, 32, warga lingkungan Sidokumpul RT 3/RW 12 Kelurahan Blimbing. Dinding rumah ukuran 3 x 6 meter miliknya jebol dan barang-barang terendam air, kerugian sekitar Rp 2,5 juta.

Selanjutnya rumah milik Murip, 52, warga kelurahan yang sama dengan kerugian ditaksir sekitar Rp 2,5 juta. “Dan juga rumah milik Khasan Tolabi, 45, warga setempat. Rumah berukuran 4×5 meter di pinggir sungai jebol dinding dan barang barang hanyut kerugian ditaksir Rp 5 juta,” tandasnya.(prap)

Related posts

Leave a Comment