Siapkan Anggaran Rp 13,4 Miliar untuk Pilkades Serentak

ADAKITANEWS, Lamongan – Dalam rangka pelaksanaan Pilkades serentak yang diikuti sebanyak 385 Desa di Kabupaten Lamongan, Pemkab Lamongan telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 13,4 miliar yang diambilkan dari dana APBD.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Pemkab Lamongan, Abdul Kowi saat dikonfirmasi Jumat (10/05) kemarin.

Menurutnya, anggaran tersebut sesuai dengan regulasi yang ada dan diperuntukan untuk alat tulis kantor (ATK), surat suara, kotak suara, dan honor-honor. “Sedangkan dana yang dari APBDes menyesuaikan dengan kemampuan dari masing- masing desa,” paparnya.

Saat ini untuk tahapan Pilkades serentak 2019 sudah pada tahapan pembentukan panitia pemilih dan sosialisasi. Setelah ini masuk pada tahapan tahapan pendaftaran Pilkades serentak tersebut. Penetapan Calon Kepala Desa (Cakades) paling sedikit dua orang dan paling banyak lima orang.

“Kemudian jika sampai terjadi Cakades kurang dari dua orang, maka panita pemilihan memperpanjang waktu pendaftaran selama 20 hari,” ujarnya.

Seperti diketahui, Kepala Desa yang akan maju lagi menjadi calon Kepala Desa di Pilkades mendatang harus mengambil cuti penuh. “Dan kepala desa yang sedang menjabat dan berniat maju lagi atau mencalonkan lagi dalam perhelatan di tingkat desa tersebut, maka ia harus cuti selama masa pendaftaran hingga hari H pemilihan,” kata Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Lamongan, Agus Hendrawan.

Lebih lanjut Agus mengatakan, agar tidak terkandala kemudian di desa tersebut diangkat atau dibentuk Plt Kades untuk menjalankan tugas sebagai pejabat Kepala Desa.

“Agar pelayanan terhadap masyarakat tidak tersebut, kemudian dibentuk Plt yang tugasnya akan berakhir jika terpilih atau sudah ada kades yang definitif,” tandanya.(ng1)

Keterangan gambar: Ilustrasi Pilkades.(ist)

Related posts

Leave a Comment