Sejumlah Kecamatan di Kabupaten Tulungagung Diterjang Puting Beliung

ADAKITANEWS, Tulungagung – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda di sejumlah wilayah Kabupaten Tulungagung, Jumat (01/03) sore menyebabkan puluhan rumah rusak dan sejumlah pohon tumbang.

Di Desa Gempolan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung, sedikitnya ada 28 rumah warga yang rusak akibat diterjang angin puting beliung. Mayoritas kerusakan akibat pusaran angin yang berlangsung dalam 10 menit tersebut terjadi pada atap rumah.

Menurut keterangan Kepala Desa Gempolan, Isroful Mustofa, angin yang menerjang daerah tersebut terjadi dua kali, sekitar pukul 15.30 WIB. Yang pertama dari arah Timur, setelah sempat berhenti dan disusul hujan deras, angin yang berupa pusaran, kembali datang dan menerjang sejumlah rumah warga.

“Dari laporan sementara, jumlah rumah warga yang rusak ada sekitar 28 rumah,” kata Isroful Mustofa.

Rata-rata kerusakan pada atap. Baik yang bermaterial genteng, asbes maupun seng. “Sampai saat ini, kami terus melakukan pendataan terhadap rumah warga yang rusak,” ujar Isroful.

Petugas dari TNI, Polisi, perangkat desa bersama warga, bahu mbahu mulai membersihkan reruntuhan akibat terjangan angin tersebut.

Merangkum dari berbagai sumber, kejadian serupa juga melanda di sejumlah wilayah di Kabupaten Tulungagung. Diantaranya Desa Trenceng, Desa Sambijajar dan Desa Mirigambar, Kecamatan Sumbergempol. Desa Gebang, Desa Gempolan serta Desa Gesikan, Kecamatan Pakel. Kemudian untuk Kecamatan Gondang, terjadi di Desa Bendo dan Desa Tawing.

Sementara di wilayah Kecamatan Ngunut menimpa Desa Sumberingin Kulon. Sedangkan Kecamatan Campurdarat terjadi di Desa Pelem, Serta Kecamatan Boyolangu, di Desa Ngranti.(bac)

Keterangan gambar : Rumah warga dan sejumlah pohon tumbang diterjang angin.(ist)

Related posts

Leave a Comment