Satu Desa di Blitar Tak Bisa Cairkan DD Tahap Ketiga

ADAKITANEWS, Blitar – Sebanyak 219 desa di Kabupaten Blitar dipastikan telah mencairkan Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) tahap ketiga. Namun, satu desa sampai saat ini tak bisa mencairkan DD maupun ADD tahap ketiga karena masalah teknis internal.

Kepala Bidang Pembangunan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blitar, Anik Nursiamah mengatakan, pencairan dana desa tahap ketiga tahun anggaran 2018 di wilayah Kabupaten Blitar telah direalisasikan pada bulan lalu. Saat ini seluruh desa di Kabupaten Blitar seharusnya sudah menerima dana desa tahap ketiga.

“Seharusnya semua sudah menerimanya. Tapi kita akui memang ada satu desa, yakni Desa Tuliskriyo Kecamatan Sanankulon terpaksa tidak bisa mencairkan DD tahap ketiga karena masalah teknis,” kata Anik saat ditemui di kantornya, Rabu (26/12).

Anik Nursiamah menjelaskan, permasalahan internal di Desa Tuliskriyo saat ini juga sudah ditangani langsung oleh Inspektorat. Sehingga pihaknya hingga kini terus menunggu perkembangan yang terjadi.

“Kita otomatis menunggu, sehingga kita juga belum bisa mengambil keputusan dan harus menunggu instruksi lebih lanjut,” jelasnya.

Anik menambahkan, tahun ini pencairan Dana Desa dilakukan sebanyak 3 tahap dengan jumlah pagu Rp 163.105.009.000. Pada tahap pertama dicairkan sebesar 20 persen atau Rp 32.621.001.800, tahap kedua sebesar 40 persen atau Rp 65.242.003.600 dan tahap ketiga sebesar 40 persen atau Rp 65.242.003.600.

“Kalau penerimaan masing-masing desa memang berbeda-beda, salah satunya tergantung luas wilayah, antara Rp 700 juta sampai Rp 1 miliar,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Anik Nursiamah, Kepala Bidang Pembangunan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment