Ratusan Bumdes di Blitar Tidak Sehat

ADAKITANEWS, Blitar – Berdasarkan data di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Blitar, hingga saat ini ada ratusan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam kondisi tidak sehat. Bahkan, pengelolaan Bumdes tersebut terpaksa dibekukan.

Kepala Bidang Pembangunan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blitar, Anik Nursiamah mengatakan, berdasarkan data yang direkap sejak akhir 2017 lalu jumlah Bumdes di Kabupaten Blitar totalnya ada 220 Bumdes. Jumlah ini sesuai dengan jumlah desa yang ada di Kabupaten Blitar.

“Untuk rekap kita lakukan dua tahun sekali. Jadi, rekap selanjutnya kita rencanakan pada 2020 mendatang,” kata Anik, Selasa (12/03).

Anik menjelaskan, Bumdes yang dinyatakan dalam kondisi sehat hanya sekitar 86 desa, sehingga sisanya mencapai 134 Bumdes dalam kondisi sakit dan perlu dilakukan pembinaan ulang.

Dijelaskannya, Bumdes yang dinyatakan dalam kondisi tidak sehat merupakan Bumdes yang struktur pengurusannya tidak jelas, masalah administrasi tidak tertata dengan baik, dan unit usaha yang dimiliki tidak berjalan dengan baik.

“Rata-rata Bumdes yang ada di Kabupaten Blitar bergerak di bidang simpan pinjam, namun juga ada beberapa yang bergerak di bidang pariwisata, UMKM dan lain-lain,” pungkasnya.

Anik menambahkan, meskipun jumlah Bumdes yang dinyatakan dalam kondisi tidak sehat cukup banyak, namun ada beberapa Bumdes di Kabupaten Blitar yang berhasil meraih prestasi di tingkat Provinsi Jatim dan Nasional.(fat/wir)

Keterangan gambar: Anik Nursiamah, Kepala Bidang Pembangunan Desa Dinas PMD Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment