Pupuk Kecintaan Terhadap NKRI Melalui Gerakan Pramuka

ADAKITANEWS, Lamongan – Bupati Lamongan, Fadeli menyerahkan tujuh penghargaan Bintang Pancawarsa dalam upacara Apel Besar Hari Pramuka ke-58 tahun 2019 di Alun-alun Lamongan, Rabu (14/08). Tak hanya itu, Bupati juga mengimbau kepada seluruh anggota Pramuka untuk terus memupuk kecintaannya terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Penghargaan Bintang Pancawarsa VI diberikan secara langsung oleh Bupati Lamongan kepada Kepala Dispora Kabupaten Lamongan, M Muhadjir, Kepala SMKN 1 Lamongan, Bambang Didik, Camat Brondong, Sariono, dan Utomo. Sedangkan Bintang Pancawarsa V, diberikan kepada Yayuk Setia Rahayu dan Sri Utami.

Dalam sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso yang dibacakan oleh Bupati Lamongan, Fadeli disampaikan, bahwa wujud kecintaan terhadap NKRI bisa diwujudkan dalam banyak aspek kehidupan.

Seperti keberpihakan kepada petani, bisa dilakukan dengan terus bertekad tidak mengonsumsi produk pertanian dan pangan impor, dan beralih kepada produk lokal. “Ini merupakan wujud kecintaan segenap anggota Pramuka kepada NKRI dan para petani Indonesia,” ujarnya.

Lebih jauh Bupati menyampaikan, globalisasi saat ini memudahkan pemenuhan berbagai kebutuhan dasar manusia, termasuk kebutuhan pangan. Namun di sisi lain, globalisasi juga bisa mengancam keberlangsungan nasib petani.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Lamongan dua periode ini mengajak semua pihak untuk memiliki kesamaan cara pandang dan bahasa dalam menyikapi berbagai permasalahan. Khususnya hal-hal yang mencakup keutuhan NKRI, menjadi bagian penting yang seharusnya selalu diperhatikan.

Sementara itu di tempat sama Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Lamongan, Yuhronur Efendi mengatakan, selain mengisi peringatan Hari Pramuka ke-58 dengan Apel Besar, nantinya juga akan ada berbagai kegiatan pendidikan kepramukaan yang dilakukan di alam terbuka. Diantaranya penjelajahan yang diikuti para Pramuka Penggalang.

“Selain itu pada puncak perayaan HUT Pramuka ke-58 di Lamongan nanti juga akan ada sarasehan Pramuka dengan pakar pendidikan dari Kwarnas,” bebernya.

Kak Yuhronur menambahkan, dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan tersebut diharapkan pendidikan kepramukaan di Lamongan bisa tercapai. Pihaknya juga ingin agar seluruh anggota Pramuka khususnya di Lamongan untuk terus menjaga eksistensinya. Dengan peringatan HUT Pramuka ke-58, dapat membangkitkan gairah Pramuka di Kabupaten Lamongan.

“Gerakan pramuka di Kabupaten Lamongan ini bisa merata, mulai dari pelosok desa hingga kota, semuanya harus bergairah dan Gerakan Pramuka ini menjadi bagian dari solusi untuk masa depan bangsa ini,” tutupnya.(prap)

Keterangan gambar: Bupati Lamongan, Fadeli saat memberikan penghargaan Bintang Pancawarsa.(foto: suprapto)

Related posts

Leave a Comment