Pertamina Salurkan‎ 62 Persen LPG 3 Kg Tambahan

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Menanggapi isu atas kelangkaan gas elpiji bersubsidi 3 kilogram di wilayah Kabupaten Sidoarjo, ‎Pertamina Marketing Operation Region V memastikan ‎bahwa penyaluran dan jumlah stok agen serta pangkalan di Kabupaten Sidoarjo berjalan dengan lancar dan aman.

Pertamina juga mengaku telah melakukan ‎penyaluran elpiji 3 tambahan hingga 57.680 tabung atau sama dengan 62 persen dari alokasi normal harian, yakni sebanyak 93.320 tabung per hari.‎

Rifky Rakhman Yusuf, Unit Manager Communication & CSR Pertamina Marketing Operation Region V mengatakan, ‎dari pantauan langsung timnya di lapangan didapati bahwa ketersediaan elpiji 3 kilogram di beberapa pangkalan masih tercukupi dan tersedia.

Ia mengatakan bahwa pihaknya juga sudah ‎melakukan pasar murah bersama dengan Disperindag pada tanggal 28 Agustus sampai 30 Agustus, untuk membantu memenuhi peningkatan ‎kebutuhan masyarakat akan elpiji 3 kg.

“Pasar murah yang diadakan mulai tanggal 28 Agustus disalurkan sebanyak 9.520 tabung di 17 titik di Kabupaten Sidoarjo. Penambahan penyaluran akan diadakan kembali pada tanggal 29 Agustus 2018 dan 30 Agustus 2018 dengan total sebanyak 87.360 tabung sebagai antisipasi lanjutan,” terangnya kepada wartawan.‎

Lebih jauh Rifky menguraikan, di wilayah Kabupaten Sidoarjo terdapat 50 ‎agen dan 1.122 pangkalan tersebar sebagai jalur distribusi resmi penyaluran elpiji. Pada Jalur distribusi resmi penyaluran elpiji terbatas hingga ‎pangkalan saja, yang bertujuan agar kualitas dan harga dapat terkontrol sesuai HET (Harga Eceran Tertinggi) area Jawa Timur yaitu Rp 16.000.

“Pengecer seperti warung dan pedagang kaki ‎lima bukan merupakan jalur resmi distribusi elpiji Pertamina. Kami sarankan untuk‎ masyarakat agar membeli elpiji di pangkalan resmi Pertamina ‎yang stok, harga, dan kualitas tetap terjaga,” papar Rifky Rakhman.

Sementara itu, ‎Syamsu Rizal, Kabag Perekonomian Kabupaten Sidoarjo mengatakan pihaknya telah mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan Hiswana Migas dan Pertamina dalam menjaga stabilitas ketersediaan elpiji 3 kilogram di wilayah Sidoarjo.

“Yang dilakukan kawan-kawan Hiswana Migas dan Pertamina sangat bagus dan saya mengapresianya, dengan cara mereka menyalurkannya sehingga penyaluran elpiji 3 kilogram bisa ‎tepat sasaran dan senantiasa terjaga,” kata Rizal, Rabu (29/08).‎(sid3)‎

Keterangan gambar : Pengiriman elpiji 3 kilogram.(foto : andri santoso)‎

Related posts

Leave a Comment