Penyumbang Terbanyak Pengangguran di Blitar adalah Lulusan SMA/SMK

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Berdasarkan informasi dari Dinas Tenaga Kerja dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Blitar, jumlah pengangguran di Kota Blitar meningkat dibanding 2017.

Sesuai data di BPS, untuk tahun ini jumlah pengangguran mencapai 3.202 orang. Sementara tahun 2017 hanya 2.922 orang. “Ada kenaikan pengangguran yang cukup lumayan, yakni mencapai 280 orang sejak 2017. Bahkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) juga ada kenaikan 0,3 persen, sehingga sekarang menjadi 4,05 persen,” kata Hari Wahyudi, Kepala Bidang Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan PTSP Kota Blitar, Rabu (29/05).

Hari menuturkan, satu diantara penyebab adanya peningkatan pengangguran adalah banyaknya lulusan SMA/SMK. Sementara lowongan pekerjaan sangat terbatas. Sehingga hal ini menjadi tugasnya untuk mengatasi persoalan tersebut.

“Kita akui tidak bisa menyelesaikan 100 persen, karena juga membutuhkan peran OPD lainnya,” tandasnya.

Dengan adanya lulusan SMA/SMK sebagai penyumbang terbanyak jumlah pengangguran, maka diperlukan evaluasi secara keseluruhan. Kemungkinan, kata Hari, jenis jurusan pada suatu sekolah tidak diperlukan di perusahaan yang ada di Kota Blitar.

“Mungkin juga dari sistem pembelajaran dan praktiknya perlu dievaluasi, sehingga memang ke depan dibutuhkan kajian secara menyeluruh,” ujarnya.

Hari menambahkan, selama ini salah satu upaya untuk menekan angka pengangguran adalah melakukan job fair, serta melakukan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kompetensi. Sehingga harapannya bisa diterima di suatu perusahaan tertentu, baik besar maupun kecil. Atau setidaknya mereka bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.(fat)

Keterangan gambar: Hari Wahyudi, Kepala Bidang Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment