Pencairan DD Tuliskriyo Blitar Tunggu Rekomendasi BPK

ADAKITANEWS, Blitar – Permasalahan teknis di Desa Tuliskriyo Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar terkait pencairan Dana Desa (DD) tahap ketiga 2018 berbuntut panjang. Pasalnya, masalah yang tak kunjung usai, membuat desa tersebut belum bisa mencairkan DD tahap ketiga 2018. Bahkan juga terancam tidak bisa mencairkan DD tahap pertama tahun ini.

“Tahun 2018 lalu Desa Tuliskriyo Kecamatan Sanankulon tidak bisa mencairkan dana desa tahap ketiga, sebab ada permasalahan dalam laporan pertanggungjawaban. Bahkan kini masalah tersebut sudah ditangani Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),” kata Dwi Novianto, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blitar, Rabu (20/02).

Dwi Novianto menjelaskan, adanya permasalahan dalam pencairan dana desa tahap ketiga 2018 lalu, saat ini BPK tengah melakukan kajian dan pemeriksaan di Desa Tuliskriyo Kecamatan Sanankulon. Akibatnya, desa tersebut belum bisa memproses pencairan dana desa tahap pertama di tahun 2019.

“Hingga kini kita masih menunggu rekomendasi dari BPK soal teknis pencairan dana desa di Tuliskriyo, sebab disinyalir desa tersebut kemungkinan akan mendapat sanksi,” tandasnya.

Ia memastikan, jika nanti sudah ada rekomendasi dari BPK, maka pihaknya bakal segera menindaklanjutinya. Sementara itu, untuk desa yang lainnya saat ini sudah mulai melengkapi persyaratan pencairan dana desa tahap pertama tahun 2019 ini. Adapun total dana desa tahun 2019 di Kabupaten Blitar mencapai Rp 185.804.655.000.(fat/wir)

Keterangan gambar: Dwi Novianto, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment