Obsesi Besar Hidupkan Literasi Pembaca dan Penulis di Lamongan

ADAKITANEWS, Lamongan – Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan, Kandam, S.Pd., M.Pd mengungkapkan, besarnya sebuah negara dan daerah adalah berkat campur tangan para pemikir-pemikir seperti ini. Apalagi jika pemikiran tersebut dituangkan dalam sebuah tulisan.

Ia pun berharap ada bedah buku dan pameran buku besar-besaran, sehingga pendidikan dan literasi di Lamongan bisa semakin baik dan maju.

“Dinas perpustakaan punya obsesi besar untuk menghidupkan literasi di Lamongan. Demi mensukseskan gerakan literasi 18 21, Pemda bersama menghidupkan semangat membaca dan menulis,” ujar Kadam dalam acara temu penulis Lamongan III di Aula Cendekia Dinas Perpustakan Daerah Kabupaten Lamongan, Kamis (25/04) pagi.

Hal senada diungkapkan Ketua Forum Penulis dan Pengiat Literasi (FP2L) Kabupaten Lamongan, Alang Khoirudin. Ia berharap semakin banyak penulis yang muncul, khususnya yang menulis terkait kearifan lokal di Lamongan.

“Karya tentang kearifan lokal di Lamongan masih sangat minim. Ini yang menjadi tanggung jawab bersama agar semakin banyak yang peduli dengan kekayaan lokal,” ujarnya.

Alang mengatakan, di era kemajuan teknologi saat ini, budaya membaca mulai berkurang. Tidak hanya itu, banyak toko buku mulai tutup, karena munculnya buku buku digital.

“Banyak dari kita lebih sibuk dengan gadget, ketimbang buku. Sehingga, perlu kirannya ada sebuah formulasi baru, demi menghidupkan kembali semangat literasi,” terangnya.(ng1)

Keterangan gambar: Kepala Dinas Perpustakan Kabupaten Lamongan, Kadam saat memberikan buku kepada para penulis dan pembaca buku.(foto: suprapto)

Related posts

Leave a Comment