Menuju New Normal, Bupati: Kedisiplinan Masyarakat Sangat Penting

ADAKITANEWS, Lamongan – Pemerintah Kabupaten Lamongan tengah mempersiapkan diri untuk menuju kehidupan normal baru. Yakni dengan terus mengkaji kebijakan-kebijakan dalam pelonggaran berbagai tempat atau fasilitas umum seperti Alun-alun Kota. Hal ini dikatakan Bupati Lamongan Fadeli di sela -sela gelar operasi penegakan disiplin protokol kesehatan dengan membagikan masker.

“Beberapa tempat mulai kita buka, ini bertahap, dalam setiap minggunya nanti akan kita evaluasi sampai benar-benar siap dan mampu menjadi normal baru,” ungkap Bupati Fadeli, Rabu (10/06).

Dalam mencegah penyebaran virus Corona atau Covid – 19, menurut Fadeli, kedisiplinan masyarakat ini sangat penting. Ada tiga hal penting yang harus benar-benar dilakukan masyarakat Lamongan sebagai bentuk pendisiplinan diri.

“Masyarakat diwajibkan menggunakan masker pada saat keluar rumah, membiasakan diri mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir dan melakukan physical distancing atau jaga jarak,” jelasnya.

Selain itu, Bupati Fadeli juga mengajak masyarakat untuk dapat hidup bergotong-royong saling berbagi dan membantu sesama. “Saya berharap tidak penambahan pasien positif di Kabupaten Lamongan. Yang sudah ada positif satu atau dua di satu desa, saya harapkan dapat segera pulih. Dan kuncinya kita harus disiplin protokol kesehatan dan saling bergotong-royong menguatkan,” harap Fadeli.

Sementara, Dandim 0812/Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono menambahkan bahwa virus corona atau Covid-19 adalah virus yang menyebabkan sakit namun bisa disembuhkan. Untuk itu tidak perlu khawatir atau panik.

“Masyarakat Lamongan sudah banyak yang sembuh dari virus corona. Bahkan mereka sudah tidak bisa terjangkit lagi atau kebal. Saat ini yang terpenting harus jaga kesehatan, istirahat yang cukup, jaga makanan, berjemur diri biar tubuh kena panas agar virus Corona menjauh dari kita,” ujar dia.

Dandim juga meminta masyarakat jangan terlalu stres dan harus menghadapi kondisi saat ini dengan tenang gembira supaya ketahanan tubuh tetap tinggi. “Semoga Desa Sugihwaras, masyarakatnya waras (sehat) semua dan sugih (kaya) selain kaya materi juga kaya akan sehat,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama Kapolres Lamongan AKBP Harun memaparkan terkiat Kampung Tangguh Desa Tanggap Covid -19 yang di prakarsai oleh Pemkab, Polres dan Kodim 0812 diharapkan sesama warga saling jaga keguyupan dan tolong menolong.

“Dalam kampung tangguh harus ada struktur organisasinya dan dalam sosialisasinya dilaksanakan di ruang isolasi ,ruang kesehatan dan di dalam lumbung pangan siapapun bisa menyumbangkan kebutuhan pokok melalui Desa, yang nantinya dipergunakan untuk warga kita juga yang membutuhkan,” jelasnya.

AKBP Harun juga berharap dengan didirikannya Kampung Tangguh Desa Tanggap Covid 19 tidak ada lagi penambahan dari warga yang terjangkit Positif Virus Corona maupun PDP. “Untuk itu dijaga kesehatan, jaga makanan dan selalu ikuti protokol kesegatan, semoga kedepan terhindar dari virus corona,” pintanya.

Sementara itu informasi yang dihimpun, Bupati Lamongan Fadeli didampingi Kapolres Lamongan AKBP Harun dan Dandim 0812 Letkol Inf Sidik Wiyono dan jajaran GTPPC Lamongan membagikan masker dan sembako secara langsung kepada masyarakat sebanyak 2000 masker dan 250 paket sembako di sejumlah tempat, antara lain Jalan Veteran (depan kantor Samsat) dan Kampung Tangguh Desa Tanggap Covid-19, Desa Sidorejo Kecamatan Deket dan Desa Soko Kecamatan Glagah.(prap)

Keterangan gambar: Bupati Lamomgan Fadeli didampingi oleh Kapolres Lamongan AKBP Harun dan Dandim Letkol Inf Sidik Wiyono saat memberikan masker kepada masyarakat.(foto suprapto)

Related posts

Leave a Comment