Lamongan Bakal Punya Menara Pemantau Rukyatul Hilal

ADAKITANEWS, Lamongan- Pemkab Lamongan akan segera membangun menara Rukyatul Hilal senilai Rp 14 miliar di lokasi Pantai Tanjung Kodok Kabupaten Lamongan.

Berdirinya bangunan itu nantinya juga bakal menjadi kabar yang menggembirakan bagi umat Islam. Pasalnya dengan menara lima lantai itu, akan memantapkan dan mensahihkan bagi tim Rukyatul Hilal untuk menentukan kepastian awal Ramadan dan 1 Syawal setiap tahunnya.

Asisten 1 Pemkab Lamongan, Heru Widi mengatakan, tempat yang ada sekarang perlu adanya pengembangan agar lebih representatif. Ia juga memastikan bahwa menara rukyat bakal dibangun di area Tanjung Kodok.

“Ya, Lamongan secara geografis sangat strategis untuk kepentingan rukyat. Dan mulai tahun depan akan di bangun menara rukyat,” kata Heru, Selasa (11/06).

Dijelaskannya, menara rukyat rencananya dibangun lima lantai yang rinciannya untuk masing – masing lantai nanti bakal dilengkapi dengan beberapa fasilitas. Lantai 1 adalah ruang planetorium, lantai 2 untuk ruangan observastorium, lantai 3 untuk museum, dan lantai 4 sejenis ruangan untuk menu mamin untuk tim rukyat dan umat Islam lain yang terlibat, sementara lantai 5 untuk ruangan pertemuan.

“Kan Rukyatul Hilal juga biasanya diikuti oleh para santri, siswa – siswi, mahasiswa dan masyarakat umum baik luar kota maupun asal Lamongan sendiri,” katanya.

Menurutmya, mereka tidak hanya menyaksikan, tetapi juga belajar bersama tentang ilmu falahiyah (Ilmu perbintangan atau Astronomi). Jadi menara rukyat ini sekaligus sebagai tempat pendidikan bagi semua umat Islam.

Sementara terkait soal anggaran yang akan dialokasikan untuk pembangunan menara rukyat, menurut mantan Kepala Dinas PU Bina Marga ini bakal dialokasikan anggaran sebesar Rp 14 miliar. “Dalam RAB, total anggaranya Rp 14 miliar. Untuk gambar juga sudah jadi,” katanya.

Menurut Haru, pembangunan menara rukyat itu sangat penting dan demi kepentingan umat Islam secara umum. Lamongan juga menjadi kota satu – satunya yang memiliki letak geografis straegis. Sehingga Kabupaten Lamongan menjadi langganan Rukyatul Hilal di setiap awal penentuan bulan Ramadan dan awal 1 Syawal Hari Raya Idul Fitri.

Sementara itu Tim Rukyat, Khoirul Anam mengapresiasi gagasan pemerintah daerah yang membangun menara rukyat. “Kami sangat mengapresiasi, masyarakat yang punya antusias. Termasuk para mahasiswa dan pelajar, baim madrasah, MTs hingga SMA atau Aliyah yang nantinya bisa memanfaatkan komplek menara untuk penelitian dan mempelajari ilmu falaq,” kata Anam.(prap)

Keterangan gambar: Tim Rukyatul Hilal saat memantau di Tanjung Kodok.(ist)

Related posts

Leave a Comment