Kabar Hoax Penculikan Anak di Tulungagung, Pemilik Akun Diperiksa Polisi

ADAKITANEWS, Tulungagung – Akibat menggunggah berita hoax di akun facebook miliknya, Istiqomah, warga Desa Pucung Lor Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung, kini harus berurusan dengan pihak kepolisian setempat.

Beberapa hari terakhir, akun Istiqomah Jamur sempat membuat heboh warganet. Dalam akun tersebut terpampang postingan adanya penculikan anak di sebuah swalayan di Tulungagung.

Pihak kepolisian Resor Tulungagung menyatakan bahwa berita penculikan anak tersebut adalah hoax. Hal tersebut dibuktikan dengan pernyataan Istiqomah, pemilik akun tersebut setelah diperiksa polisi.

“Kita telah memanggil pemilik akun, untuk dimintai keterangannya,” kata Kasubag Humas Polres Tulungagung, Iptu Sumaji, Rabu (31/10).

Lanjutnya, di depan penyidik Istiqomah mengakui bahwa berita penculikan tersebut tidak ada. Karena itu, dia diminta membuat surat pernyataan. “Kita minta untuk membuat surat pernyataan bahwa berita tersebut adalah bohong, agar masyarakat tidak panik,” ujar Iptu Sumaji.

Atas tindakannya tersebut, Istiqomah mengaku menyesal dan berjanji tidak mengulangi perbuatannya. Dia pun sempat menangis saat diminta membacakan surat pernyataan permohonan maaf.

Dari pengakuan Istiqomah, dirinya menggunggah postingan tersebut secara spontan. Ceritanya, pada tanggal 29 Oktober 2018 pukul 16.30 WIB, mertuanya yang bernama Kasemah, 58, warga Desa Pucung Lor Kecamatan Ngantru mendapat informasi dari temannya yang bernama Sutiyah.

Informasi itu berisi bahwa pada 18 Juli lalu, Sutiyah berhasil menggagalkan upaya penculikan yang menimpa cucunya di sebuah swalayan. Cerita ini kemudian oleh Kasemah, disampaikan kepada Istiqomah, menantunya.

Kemudian secara spontan, Istiqomah mengunggah postingan adanya penculikan anak di sebuah swalayan di Tulungagung.

Atas peristiwa ini, Iptu Sumaji mengimbau kepada masyarakat agar waspada dan tidak mudah percaya dengan kabar yang tidak jelas asal-usulnya. Selain itu kepada orang tua untuk tetap mengawasi buah hatinya.

“Jangan gampang percaya dengan orang yang baru dikenal. Apabila menjumpai hal-hal yang mencurigakan segera lapor pihak kepolisian,” pesan Iptu Sumaji.(bac)

Keterangan gambar : Istiqomah saat diperiksa di Mapolres Tulungagung.(ist)

Related posts

Leave a Comment