Ganti Lampu TL Jenis LED, Pemkot Blitar Habiskan Anggaran Rp 85 Juta

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Perhubungan (Dishub) telah mengganti lampu traffic light (TL) yang sudah tidak sesuai standar. Lampu TL yang jenisnya masih non Light Emitting Diode (LED), diganti dengan lampu jenis LED.

Kepala Dishub Kota Blitar, Priyo Suhartono mengatakan, penggantian lampu TL dengan lampu jenis LED itu sebagai upaya pemeliharaan. Daya lampu LED dinilai lebih hemat dibandingkan dengan non LED. “Kami ganti lampu LED karena lebih irit,” katanya, Selasa (09/07).

Menurutnya, penggantian lampu traffic light itu dilakukan di beberapa titik. Yakni di titik-titik lampu TL yang masih menggunakan lampu non LED. Ia menyebut ada 18 unit lampu saja yang dipasang.

“Jadi yang kita ganti terutama yang nyalanya tidak optimal atau kedip-kedip, dan sebagainya,” jelasnya.

Untuk pemeliharaan lampu TL itu, lanjut Priyo, menelan anggaran sekitar Rp 85 juta. Penggantian lampu TL LED itu dilakukan secara bertahap di sejumlah titik. Dengan lampu LED itu maka nyalanya bisa terang dan daya listriknya lebih hemat.

Diantara titik penggantian lampu TL itu dilakukan di perempatan PGSD Jalan Soedanco Supriyadi. Petugas Dishub mengganti lampu TL lama dengan jenis baru yakni lampu LED. “Yang lama ukurannya diameter 20 sentimeter diganti baru diameter 30 sentimeter,” kata Fery Arianto, petugas pengganti lampu.

Fery mengatakan, ada lima titik TL yang lampunya diganti jenis LED. Yakni lampu TL patung Bung Karno di Jalan Ahmad Yani, simpang empat Toko Lima Belas atau Jalan Anjasmoro, simpang empat Jalan TGP, simpang empat Jalan Kelud dan simpang Empat PGSD atau Jalan Sudanco Supriyadi.(fat)

Keterangan gambar: Priyo Suhartono, Kepala Dishub Kota Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment