Desa Pancasila Lamongan, Sebagai Prototipe Desa Surga

ADAKITANEWS, Lamongan – Sebelum membuka jambore inovasi cegah stunting dan apel KPM TPID dan KPM se-Lamongan di Waduk Gondang Kabupaten Lamongan, Jumat (06/12), Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar juga sempat berkunjung ke Desa Pancasila yakni di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan dan melaksanakan salat Jumat di Masjid Miftahul Huda Desa Balun.

Usai melaksanakan salat Jumat, Menteri dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini kemudian berdialog dengan jamaah salat. Diketahui Desa Balun selama ini dikenal luas dengan julukannya sebagai desa pancasila. Pasalnya, di desa ini hidup rukun 3 agama, yaitu Islam, Kristen dan Hindu. Kesalehan sosial di desa ini juga nampak dari tempat ibadah 3 agama ini yang berdampingan secara damai.

Halim menilai, Desa Balun luar biasa. Bahkan ia memberinya trade merek Desa Balun sebagai prototipe desa surga. “Saya bilang salah satu prototipe desa surga, itu ada di Lamongan namanya Desa Balun. Karena apa ? Kalau warganya rukun, semua agama hidup nyaman di situ, berarti hubungan sosialnya sangat bagus,” terangnya.

Menurutnya, kalau sudah hubungan sosial bagus, pasti hidupnya nyaman. Kesalehan sosialnya pasti tinggi. “Mungkin masih ingat dulu saya sama Pakde Karwo ngangkat fiksi kesalehan sosial untuk Jawa Timur. Nah ukuran – ukuran kesalehan itu, termasuk adalah komunikasi sosial. Makanya saya mengatakan, kalau mau tahu Indonesia, nggak usah jauh-jauh datang saja ke Desa Balun,” ungkapnya.

Dikatakannya, Desa Balun adalah Indonesia yang sebenarnya. Guyub, rukun, semua agama bisa menjalankan ibadahnya dengan senyaman-nyamannya. “Karena menurut Bupati memang sulit ditiru.Tapi bukan berarti tidak bisa. Sulit ditiru iya, tapi bukan berarti tidak bisa. Kalau dulu nenek moyang bisa kenapa kita nggak bisa,” kata Halim.

Halim pun optimis hal tersebut bisa saja ditiru, bahkan mungkin dirintis sejak hari ini agar dapat dirasakan oleh anak – cucu seratus tahun mendatang. Ia pun berharap mudah – mudahan itu menjadi warisan nenek moyang yang hari ini milenial. “Misalnya sehingga itu menjadi salah satu prototipe desa surga yang memiliki hubungan sosial yang sangat bagus. BUMDes, sudah bagus sih dan menjadi tujuan desa wisata juga luar biasa,” paparnya.

Menurutnya, hubungan sosial antar umat beragama di Desa ini sudah bagus dan patut untuk dicontoh oleh desa – desa lain yang ada di Indonesia. Halim juga mengajak semua orang untuk berkunjung ke Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan agas bisa memahami Indonesia yang sesungguhnya dimana semua umat hidup rukun dan damai dan kesalehan sosial terjaga di desa ini.(prap)

Keterangan gambar: Abdul Halim Iskandar, Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi saat berkunjung di Desa Balun atau Desa Pancasila.(foto suprapto)

Related posts

Leave a Comment