Bantu Sesama, Sediakan Etalase Nasi Gratis

ADAKITANEWS, Tulungagung – Sejumlah orang tampak mendatangi sebuah etalase yang berada di Jalan Panglima Sudirman Tulungagung atau tepatnya di pojok simpang empat Rumah Sakit lama. Diantara mereka, ada yang menaruh beberapa bungkusan ada juga yang mengambilnya.

Itulah etalase “Nasi Gratis”. Selain pada etalase tersebut memang terpampang tulisan “Nasi Gratis Bebas Ambil”, memang bungkusan nasi tersebut benar-benar gratis, dan siapapun boleh mengambil.

Salah seorang yang tidak mau identitasnya dipublikasikan, menyediakan etalase berikut nasi bungkus dan air mineral kemasan gelas tersebut.

“Terus terang, ini mengadopsi program serupa di kota lain. Seperti Bandung, Surabaya, Kediri dan lainnya,” katanya (05/12).

Dirinya tergerak karena niatan tulus untuk membantu sesama. Terutama warga yang membutuhkan. Selain itu juga memberikan tempat pada siapa saja yang ingin berderma atau sedekah. Dengan cara mengisi etalase dengan nasi bungkus atau makanan lainnya bahkan air mineral pun boleh.

“Kami ingin berbagi, sekaligus memberi ruang orang lain untuk bersedekah. Silakan kalau ada yang mau ngisi. Jumlahnya terserah mereka,” tambahnya.

Untuk memantau kualitas nasi bungkus masih layak konsumsi atau tidak, dirinya melakukan kontrol setiap saat.

“Dilakukan kontrol setiap saat. Agar nasi yang sudah tidak layak konsumsi bisa kita sortir. Alhamdulillah, ada warga yang bersedia membantu memantau,” ungkapnya.

Sementara, Bayu, salah seorang warga yang datang dengan menenteng tas plastik berisi bungkusan nasi menyambut baik program tersebut.

“Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pada orang lain,” ujar Bayu.

Dirinya menyampaikan, sebenarnya sejak dahulu kala, sikap peduli ini sudah tertanam dalam masyarakat kita. “Dahulu setiap rumah, didepannya selalu ada kendi (tempat ait minum yang terbuat dari tanah liat-red). Masyarakat yang sedang dalam perjalanan, kalau haus, bisa minum dimana saja. Karena memang disediakan untuk umum,” kenangnya.

Warga lain Mamad, salah seorang pejalan kaki yang baru saja mengambil nasi bungkus merasa senang dengan nasi gratis tersebut. “Kebetulan sekali, ini tadi belum sarapan. Semoga yang menyediakan diberikan rezeki yang cukup,” ungkap Mamad.

Dari pantauan Tim Adakitanews, selain tukang becak yang biasa mangkal di sepanjang Jalan Panglima Sudirman, warga yang mengambil nasi tersebut beragam. Ada pejalan kaki, yang kebetulan lewat di sekitar lokasi, bahkan ada juga pelajar.

Demikian pula mereka yang mengisi. Baik jumlah dan jenisnya bermacam-macam. Mulai dari nasi bungkus, air mineral, bahkan camilan berupa gorengan, semoga berkah.(bac)

Keterangan gambar : Etalase Nasi Gratis, di jalan Panglima Sudirman Tulungagung.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment