Angka Pengangguran di Kabupaten Blitar Capai 21 Ribu Orang

ADAKITANEWS, Blitar – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) dalam Sensus Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) tahun 2018, jumlah angkatan kerja di Kabupaten Blitar ada 638.460 orang. Rinciannya yang bekerja sebanyak 616.952 orang dan pengangguran sebanyak 21.508 orang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar, Haris Susianto mengatakan, untuk mengurangi angka pengangguran, pihaknya telah menggelar job fair mini, Jumat (15/03). Dalam job fair mini kali ini menyediakan ratusan lowongan pekerjaan dan diikuti 25 perusahaan lokal. Menurutnya, job fair mini ini baru pertama digelar di tahun 2019.

“Ada beberapa bidang yang disediakan dalam kegiatan ini, meliputi bidang pertambangan, finance, perindustrian, perdagangan, perhubungan dan lain-lain,” terangnya.

Haris menjelaskan, tujuan utama dilakukan kegiatan ini adalah untuk mempertemukan antara pencari kerja dan penyedia kerja, sehingga pencari kerja bisa menyesuaikan dengan keterampilan dan minat. Selain itu, penyedia kerja bisa mencari pencari kerja sesuai dengan kebutuhan.

“Kita berharap dalam kegiatan ini jumlah serapan tenaga kerja bisa meningkat dibandingkan dengan sebelumnya. Otomatis upaya kita dalam menekan jumlah pengangguran bisa dikatakan berhasil,” tandasnya.

Haris menambahkan, agar pengangguran terus berkurang, maka kegiatan job fair mini tahun ini direncanakan bakal dilakukan sebanyak tiga kali. Selain itu, pihaknya juga bakal menggelar job fair akbar atau tingkat regional yang rencananya akan dilakukan pada September 2019.

Sementara itu, Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM mengatakan, selama beberapa tahun terakhir jumlah angkatan kerja dan pekerja terus mengalami peningkatan. Tetapi ia memastikan angka pengangguran semakin menurun. Menurutnya, hal ini merupakan dampak positif diselenggarakannya job fair.

“Tentu dengan dilakukan kegiatan ini, secara bertahap dan terus menerus kita yakni mampu menekan angka pengangguran sekaligus menekan angka kemiskinan,” imbuhnya.(fat)

Keterangan gambar: Haris Susianto, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar saat membuka job fair mini.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment