Anggota Perguruan Silat Pelaku Kerusuhan di Tulungagung Diringkus Polisi

ADAKITANEWS, Tulungagung – Tim Macan Agung, Satreskrim Polres Tulungagung berhasil menangkap empat anggota perguruan silat yang terlibat dalam serangkaian kerusuhan dan perusakan rumah, serta pembakaran sepeda motor warga di wilayah Tulungagung.

Mereka adalah AR, 25, RA, 25, keduanya warga Desa Ngrejo Kecamatan Tanggunggunung. Selain itu ada juga tersangka lain yakni GA,19, warga Desa Babadan Kecamatan Karangrejo, dan DD, 27, warga Desa Jengglung Kecamatan Tanggunggunung.

Kapolres Tulungagung, AKBP Tofik Sukendar mengatakan, empat pelaku yang telah ditangkap tersebut, tiga orang diidentifikasi sebagai pelaku penganiayaan dan pembakaran di Desa Suruhan Lor Kecamatan Bandung. Sementara satu pelaku bersama seorang lagi, terlibat dalam aksi penganiayaan di Ngunut.

“Tersangka AR, RA, dan GA ini merupakan pelaku penganiayaan dan pembakaran di Desa Suruhan Lor Kecamatan Bandung. Sementara di lokasi dan waktu yang berbeda, AR dan DD melakukan kasus penganiayaan di wilayah Ngunut,” kata Kapolres Tulungagung, AKBP Tofik Sukendar, Senin (05/11).

Lanjutnya, dalam kasus kerusuhan ini ada dua pelaporan yang ditangani pihak kepolisian. Empat pelaku tersebut berhasil ditangkap setelah polisi melakukan penyelidikan hampir satu bulan. Dan keempatnya, diketahui merupakan anggota dari sebuah perguruan silat.

“Mereka terlibat perselisihan hingga akhirnya terjadi perusakan dan pembakaran,” jelas Kapolres.

Dari keterangan pelaku, sebelum tertangkap mereka mengaku selalu berpindah tempat dari Tulungagung, Ponorogo, Pacitan, Ngawi dan Blitar, untuk menghindari kejaran polisi.

Sekadar informasi, pada Minggu (07/10) dini hari lalu, ribuan massa yang mengenakan atribut salah satu perguruan silat melakukan kerusuhan usai mengikuti sebuah acara di Kabupaten Trenggalek.

Akibat peristiwa di Desa Suruhan Lor Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung tersebut, tiga warga terluka. Selain itu massa juga merusak belasan rumah warga termasuk sebuah musala, serta merusak tujuh motor, diantaranya ada yang dibakar.(bac)

Keterangan gambar : AKBP Tofik Sukendar saat menunjukkan motor yang dibakar dan pelaku kerusuhan.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment